Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan SMKN 1 Purworejo Juara Umum LKS

SMKN 1 Purworejo Juara Umum LKS

Sekolah menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Purworejo menorehkan prestasi sebagai juara umum dalam Lomba Keterampilan Siswa (LKS) tingkat Kabupaten Purworejo. Dari 21 mata lomba, 10 diantaranya dimenangkan SMKN 1 sehingga mendapatkan trophy bergilir. Penyerahan tropy dilakukan Wakil Bupati Yuli Hastuti SH kepada Kepala Sekolah SMKN 1 Budiyono SPd MPd, bersamaan dengan penutupan LKS di gedung serbaguna SMKN 1 Purworejo, hari ini Kamis (24/8). Turut mendampingi Kepala Dinas Penddikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DR Ahmad Kasinu MPd.

 

Wabup Yuli Hastuti dalam sambutannya mengatakan, di era persaingan global seperti ini, maka kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berkualitas, mutlak diperlukan untuk menjawab tantangan masa depan. Sehubungan dengan hal itu, maka lembaga pendidikan khususnya sekolah menengah kejuruan (SMK), dituntut pula untuk dapat menyesuaikan mutunya sesuai dengan korelasi dan kebutuhan pasar kerja serta proaktif dalam menyongsong perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Menurutnya, berbagai bidang keahlian di SMK saat ini berkembang pesat dan bisa menjadi  keunggulan. Permintaan lulusan SMK di bidang tertentu juga cukup tinggi, namun sayangnya SMK masih menjadi pilihan kedua bagi masyarakat kita. Tentu ini menjadi tantangan bagaimana mengubah paradigma masya¬rakat kita, agar SMK bisa menjadi primadona tempat menuntut ilmu  bagi anak-anak kita di kemudian hari.

Yuli Hastuti menambahkan, pendidikan kejuruan sebenarnya memiliki beberapa kelebihan yakni, lulusannya dapat mengisi peluang kerja pada dunia usaha/industri, karena mereka memang sudah dibekali keahlian. Selain itu lulusan pendidikan kejuruan tetap dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sepanjang lulusan tersebut memenuhi persyaratan, baik nilai maupun program studi  atau jurusan sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan.

Dikatakan, LKS SMK merupakan salah satu wahana yang tepat dan efektif guna menguji kualitas penyelenggaraan pendidikan di masing-masing lembaga SMK, termasuk di Kabupaten Purworejo.  Diharapkan dengan kegiatan LKS-SMK ini dapat meningkatkan kualitas dan prestasi siswa, dan dapat meningkatkan peran serta SMK terhadap dunia usaha melalui ketersediaan sumberdaya manusia yang handal. Selain itu, lomba ini dapat  menumbuhkan kebiasaan bersaing yang positif serta menumbukan kepercayaan diri siswa, sehingga akan lebih siap dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.

Sementara itu Budiyono mengatakan, LKS diikuti 43 SMK Negeri dan Swasta se Kabupaten Purworejo selama 3 hari yang dimulai 21 hingga 23 Agustus. Peraih juara 1 dari 21 Mapel akan maju LKS ditingkat Provinsi. Antara lain SMKN 1 akan maju LKS dalam 8 Mapel, SMKN 2, SMKN 6 dan SMK Kesehatan, masing-masing akan maju lomba 2 mapel. Sedangkan yang maju lomba 1 Mapel masing-masing SMKN 3, SMKN 7, SMKN 8, SMK Pancasila 1 Kutoarjo, SMK YPP, SMK Maarif NU Bener, dan SMK TKM.

“Untuk lomba tingkat Jateng akan dilaksanakan pada 9 hingga 19 Oktober mendatang yang dipusatkan di Kabupaten Pati. Kami mohon doa restu, agar pelaksanaan LKS di Pati dapat berjalan dengan lancar dan dapat menghasilkan yang terabik,” kata Budiyono.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 102 tamu online