Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan Tiga Sekolah Juarai Festifal Film Pemilu

 

Tiga Sekolah Juarai Festifal Film Pemilu

Tiga sekolah berhasil menjuarai festival film pendek 2017, yang mengangkat cerita tentang Pemilu yang bersih dan bermartabat. Festival film pendek diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo yang penilaiannya dilaksanakan pada Juli lalu. Tiga sekolah tersebut antara lain SMA Negeri 3 Purworejo sebagai juara I dengan judul film ‘Harta Karun’ karya sutradara Annisa Oktaviana. Disusul juara II yang diraih SMP Negeri 2 Purworejo dengan judul film ‘Nurani Bukan Money’ karya sutradara Naufal RyandaPputra. Dan juara III SMK VIP NU I Purworejo dengan judul film ‘Harga Sebuah Calon’ karya sutradara Agus Arif Rahman.

Masing-masing juara menerima trophy, piagam serta uang pembinaan sebesar Rp.3 juta, Rp.2,5 juta, dan Rp.2 juta. Penganugerahan dilakukan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, di Runag Rapat Komisioner KPU Kabupaten Purworejo pada hari ini Selasa (8/8). Kegiatan penganugerahan pemenang film pendek yang dirangkai dengan sosilaisasi PKPU nomor 1/2017 tentang tahapan program jadwal pemilihan Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 itu, juga dihadiri Ketua Partai Politik se Kabupaten Purworejo.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada KPU Kabupaten Purpworejo, yang telah mengadakan kegiatan Festival Film Pendek Pelajar dan Mahasiswa se Kabupaten Purworejo. Seperti kita ketahui bersama, partisipasi politik masyarakat termasuk para pemilih pemula, sangat penting untuk membangun legitimasi dan kualitas sebuah pesta demokrasi, baik pilpres, pileg, pilkada bahkan pilkades. Sehingga bisa dikatakan bahwa tinggi rendahnya partisipasi politik masyarakat, merupakan salah satu indikator sukses tidaknya sebuah pesta demokrasi.

Untuk itu lanjut Bupati, partisipasi masyarakat harus terus didorong dengan berbagai upaya, baik dalam bentuk sosialisasi yang massif melalui berbagai media yang ada, maupun dengan strategi yang menarik. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Purworejo, dengan mengadakan festival film pendek pelajar dar mahasiswa, yang mengambil tema “Pemilu yang Bersih dan Bermartabat”.

Bupati berharap, melalui festival seperti ini dapat merangsang anak bangsa untuk berkarya dan berkreasi. Apalagi yang diperlombakan  adalah film pendek, yang bisa diproduksi dengan biaya yang relatif rendah, durasi yang singkat, dan dapat dibuat oleh tim kecil, sehingga memungkinkan diproduksi oleh pelajar dan mahasiswa.
“Pemilihan Gebernur yang akan berlangsung tahun depan, juga yang akan disusul dengan Pemilu Legislatif pilihan Presiden, tentu harus sudah mulai dipersiapkan KPU. Saya percaya KPU dengan track record kepemimpinan Pak Dulrohim yang telah melaksanakan Pemilu sebelumnya dengan baik, maka pada Pemilu-Pemilu yang akan datang juga bisa berlangsung sukses dan lancar,” harap Bupati.

Sementara itu Ketua KPU Drs Dulrohim mengatakan, tujuan festifal film pendek sebagai sarana komunikasi interaktif antara KPU dengan masyarakat, juga terjaringnya berbagai pemikiran konstruktif untuk kemajuan proses Pemilu dan demokrasi di Kabupaten Purworejo. Disamping itu, untuk merefres kesadaran nilai-nilai demokrasi dan memaknai seluruh rangkaian proses tahapan Pemilu, serta terwujudnya Pendidikan pemilih yang bersifat massif, interaktif, dan menarik serta menghibur.

“Sedangkan sosialisasi Tahapan Pilgub, untuk menginformasikan tentang tahapan Pilgub Jateng 2018 kepada pengurus partai di Purworejo agar bisa mempersiapkan sedini mungkin perhelatan akbar Pemilu di Jawa Tengah ini. Kami juga membagikan materi lengkap tentang tahapan Pilgub kepada semua pengurus partai politik,” papar Dulrohim.

Ketua Dewan Yuri Suwardi menjelaskan, dari ajang film pendek telah masuk ke meja panitia sebanyak tujuh film pendek. Untuk kejuaraan diambil tiga pemenang sedangkan yang empat peserta lainnya diberikan piagam penghargaan. Penilaian didasarkan pada lima kriteria antara lain, kesesuaian tema ide cerita, dramatical cerita, kekuatan isi pesan, acting para pemain, dan kualitas produksi seperti editing, pentaan music, serta kulaitas gambar.

 

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id