Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan Kwarcab Purworejo Ikuti Raimuna Nasional

Kwarcab Purworejo Ikuti Raimuna Nasional

Kwartir cabang Purworejo mengirimkan anggota Pramuka mengikuti Raimuna tingkat Nasional di Bumi perkemahan dan Taman Wisata (Buperta) Cibubur Jakarta. Anggota Pramuka yang akan berkegiatan Raimuna pada 13 hingga 21 Agustus mendatang itu, terlebih dulu dilakukan pelepasan oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Purworejo. Hadir pula Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) Kwarcab Purworejo Soekoso DM SPd, Waka Binawasa Dra Titik Mintarsih MPd beserta jajaran pengurus.

Dalam sambutannya Yuli Hastuti SH mengaku bangga anggota Pramuka Kwarcab Purworejo mengikuti Raimuna dan berharap akan membawa nama harum Kabupaten Purworejo.

Menurutnya, kepramukaan merupakan salah satu kegiatan pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga, dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah dan praktis. Kegiatan yang sebagian besar dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan ini, memiliki sasaran antara lain pembentukan  watak atau karakter.

Kepramukaan diselenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan, yang dititikberatkan pada pembinaaan dan perkembangan jiwa peserta didik di masing-masing golongan. Masa usia pramuka penegak dan pramuka pandega adalah masa muda yang penuh emosi, belum stabil, mudah berubah, masa berkembang dan semangat hidupnya masih dipengaruhi lingkungan. Dalam masa–masa itu, perlu adanya pola pembinaan dan pendidikan yang dapat menarik minat generasi muda yang tergabung dalam pramuka penegak dan pandega.

“Oleh karena itu, kegiatan Raimuna diharapkan dapat menjadi ajang bagi para pramuka penegak dan pandega, untuk mengasah kreatifitasnya serta kemampuan dalam berorganisasi, serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan patriotisme. Selain itu juga menumbuh kembangkan tanggungjawab dan kewajibanya kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, negara dan dirinya sendiri, agar dapat menjadi pelopor serta pendorong dalam pembangunan masyarakat di sekitarnya,” harap Yuli Hastuti.

Soekoso menguraikan, kata Raimuna berasal dari kata Rai dan Muna yang merupakan Bahasa Ambai, Yapen Waropen, Papua. Rai berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang disepakati bersama, serta Muna yang berarti daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan.

Sehingga Raimuna diartikan sebagai sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan, serta untuk memkuat persatauan dan kesatuan bangsa. “Maka bersukurlah dan bersemangatlah untuk mewakili Kwarcab Purworejo, karena yang dikirim ini adalah pilihan yang terbaik. Tidak semua bisa berkesempatan karena jadwal Raimuna 4 – 5 tahun sekali,” tandasnya.

Sementara itu Ringgo Ismoyo selaku pendukung melaporkan, pelaksanaan Raimuna meliputi 8 kegiatan antara lain, materi umum dan persaudaraan, khusus, global development village and science, tur edukasi, rover challenge, subcamp, seni dan budaya, serta festifal raimuna nasional.  Untuk kontingen Kwarcab Purworejo berjumlah 26 orang penegak dan pandega terdiri 12 putra dan 12 putri serta 2 pendukung. “Kita akan berangkat pada 10 Agustus. Sedangkan persiapannya telah dilakukan pelatihan sejak Maret hingga sekarang. Sehingga nanti benar-benar siap melaksanakan raimuna di tingkat nasional,” jelasnya.

 

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 165 tamu online