Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan Empat Desa Kaligesing Jadi tujuan KKN UNY

Empat Desa Kaligesing Jadi tujuan KKN UNY

Sejumlah empat desa di wilayah Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo menjadi tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mahasiswa yang KKN sebanyak 320 orang yang akan mengimplementasikan ilmunya kepada masyarakat di empat desa yakni Desa Jatirejo, Desa Somowono, Desa Kaligono, dan desa Tawangsari.

 

Kegiatan KKN tersebut diawali dengan penerimaan mahasiswa KKN hari ini Selasa (11/7) di Ruang Arahiwang Setda Kab Purworejo. Penerimaan dilakukan Bupati yang diwakilkan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs Tri Handoyo MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Gentong Sumharjono SSos MM yang diwakili Kabid Pemberdayaan Masyarakat Sri Wahyuningsih SSos MM, beserta sejumlah dinas instansi terkait.

Dalam sambutannya Tri Handoyo mengatakan, Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan oleh para mahasiswa ini merupakan perwujudan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa akan benar-benar mampu memahami realitas persoalan yang ada di masyarakat, sekaligus memberikan sumbangsih pemikiran untuk memecahkan berbagai persoalan tersebut.

Selain itu kata Tri Handoyo, dengan berada di tengah-tengah masyarakat maka apabila pada saatnya nanti harus benar-benar terjun ke masyarakat melalui disiplin ilmu dan profesi masing-masing, akan mampu berempati dengan berbagai permasalahan sosial ekonomi yang dihadapi masyarakat. “Sehingga apabila suatu saat ada yang berhasil menjadi pemimpin atau pengambil kebijakan di suatu lembaga, akan terus memiliki komitmen dan kepedulian kepada nasib masyarakat desa sebagai bagian terbesar bangsa Indonesia,” tandasnya.

Menurtnya, perlu diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Purworejo sudah me-launching branding pariwisata Purworejo yaitu Romansa Purworejo Tahun kunjungan wisata 2020. Program ini merupakan respon atas dilaksanakannya pembangunan megaproyek bandara internasional New Yogyakarta International Airport (NYIA) di wilayah Kabupaten Kulonprogo, serta pembentukan Badan Otorita Candi Borobudur yang bertujuan untuk melakukan pengembangan Candi Borobudur.

Tri Handoyo berharap, kehadiran mahasiswa KKN UMP nantinya dapat mendorong dan memotivasi masyarakat untuk terus memajukan wilayah, melakukan inovasi dan pemberdayaan. “Secara khusus saya berpesan kepada adik-adik mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan untuk membantu mengidentifikasi potensi wisata di Purworejo, dan bila memungkinkan memberikan masukan kepada perangkat desa dan masyarakat tentang pengembangan pariwisata di wilayahnya,” harapnya.

Sementara itu Sri Wahyuningsih SSos MM mengatakan, pelaksanaan KKN dibagi dua gelombang. Dari 320 mahasiswa dibagi dua shif I dan II masing-masing 160 mahasiswa. Gelombang I dan II masing-masing melaksanakan satu bulan  yakni dimulai 11 Juli hingga 10 Agustus, dan gelombang II 10 Agustus hingga 10 September.

“Kegiatan penerimaan KKN ini juga dirangkai penandatangan MoU Pemkab Purworejo dengan UNY tentang kerjasama dalam pemberdayaan masyarakat guna pengentasan kemiskinan melalui kegiatan penelitian pengabdian kepada masyarakat, dan KKN UNY di Kab Purworejo. Penandatanganan dilakukan Tri Handoyo dan pihak UNY Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Prof Dr Siswandoyo MKes AIFO,” jelasnya.

Menurut Siswandoyo, MoU ini kedepannya untuk dapat terus berkelanjutan yang harapannya UNY bisa turut menciptakan perkembangan untuk bisa lebih majukan masyarakat Kabupaten Purworejo serta mencapai kesejahteraan lahir batin. UNY selain menjalin kerjasama dengan wilayah DIY dan Provinsi Jawa Tengah, juga dengan Provinsi Kalimantan Barat, Gorontalo dan Papua.

Pemutakhiran Terakhir (Selasa, 11 Juli 2017 11:51)

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 93 tamu online