Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan Tenaga Penerbangan Masih Sangat Kurang

 

Tenaga Penerbangan Masih Sangat Kurang

Jumlah maskapai penerbangan yang ada belum diimbangi dengan jumlah tenaga penerbangan, bahkan hingga tahun 2019 dunia maskapai penerbangan Indonesia masih membutuhkan puluhan ribu tenaga penerbangan. Apalagi dengan dibangunnya bandara udara internasional di Kulonprogo. Tentunya akan menambah peluang untuk bisa bersaing dalam bursa tenaga penerbangan.

Hal itu dikatakan Pelaksana Harian Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD)Yogyakarta, Vidyana Mandrawaty SE MM, pada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM di Ruang Arahiwang Setda. Hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumharjono SSos MM, beserta dinas  insatnsi terkait.

Lebih lanjut diungkpakan, melihat data statistik masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta belum begitu tertarik secara signifikan untuk memasuki dunia penerbangan sipil. Prosentase lulusan taruna STTKD yang berasal dari Jateng dan DIY selama ini kurang dari 10%. Padahal nilai jual lulusan STTKD cukup tinggi. Lebih dari 85% alumni STTKD terserap di dunia penerbangan.

“Dalam waktu dekat akan dibangun bandara internasional di Kulonprogo. Jangan sampai warga DIY dan Jateng hanya jadi penonton di daerah sendiri. Kita harus mampu jadi penyumbang kebutuhan SDM yang profesional,” jelas Vidyana.

Sementara itu Bupati Purworejo Agus Bastian mengatakan, masyarakat sekarang sudah tidak menganggap transportasi udara sebagai sesuatu yang mewah. Sehingga masyarakat mulai beralih menggunakan pesawat terbang. Maskapai-maskapai penerbangan baru juga terus bermunculan, dengan segmentasi pasar yang beragam. Akibatnya, bandara-bandara mulai padat dan tidak dapat menampung jumlah pesawat dan penumpangnya yang terus meningkat, termasuk di bandara Adisucipto Yogyakarta.

Bupati mengharapkan, dengan semakin meningkatnya jumlah pesawat terbang maupun penumpangnya, serta dengan adanya bandara-bandara baru, sudah barang tentu kebutuhan akan tenaga ahli kedirgantaraan juga semakin meningkat. Sehingga melalui kerjasama ini, diharapkan akan banyak anak-anak muda Purworejo yang bisa melanjutkan pendidikan di bidang kedirgantaraan.

Pemutakhiran Terakhir (Jumat, 16 Juni 2017 08:59)

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id