Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan PAUD Persiapkan Generasi Emas

PAUD Persiapkan Generasi Emas

Wakil Bupati Yuli Hastuti menyatakan, Indonesia memiliki potensi luar biasa pada periode 2010-2035, yakni sumber daya produktif yang besar jumlahnya. Apabila kesempatan emas itu dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, akan menjadi bonus demografi yang berharga, namun sebaliknya bila tidak dikelola dengan baik dapat menjadi bencana demografi yang luar biasa. Generasi emas itu harus disiapkan dari sekarang, yakni anak-anak usia 0-9 tahun  dan usia 10-19 tahun, agar tahun 2045 mampu mengangkat Indonesia menjadi kekuatan 8 (delapan) besar dunia melalui pertumbuhan ekonomi tinggi yang inklusif dan berkelanjutan.

Penyampaian itu dikatakan Yuli Hastuti pada pembukaan Festival gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Kabupaten Purworejo, di Pendopo. Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DR Akhmad Kasinu MPd, Bunda PAUD Ny Riri Fatimah Verena Prihastyari SE,  Kabid PAUD PNF dan PI Gita Yuristiana S.Sos MM dan dinas instansi terkait.
Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan, untuk mencapai Visi Pemerintah pada 2045 itu, memerlukan penyiapan generasi yang mampu berperan aktif dalam kegiatan pembangunan, dimana salah satu kunci pencapaian generasi emas itu adalah penguatan Pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan menengah universal.

Menurutnya, PAUD memiliki peran yang sangat penting dan strategis sebagaimana tertuang dalam pasal 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Ditegaskan bahwa PAUD sebagai suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Hal sama dikatakan Ny Riri Fatimah Verena Prihastyari yang berharap, mendorong kreatifitas guru PAUD mutlak diperlukan untuk menciptakan dan mengembangkan metode dan pembelajaran dengan memanfaatkan potensi budaya dana lam sekitar. Perlunya memperhatikan standarisasi guru PAUD bagi mereka yang tidak berasal dari latar belakang Pendidikan PAUD. “Kepada mereka itu bisa diberikan Diklat yang berkaitan dengan konsep dan ilmu praktisi tentang PAUD, sehingga pembelajaran akan bermutu dan berkualitas,” harapnya.

Sementara itu Gita Yuristiana S.Sos MM melaporkan, festival diikuti PAUD formal dan non formal. Jumlah peserta mencapai 512 anak, yang mengikuti 13 jenis festival. Masing-masing jenis diambil tiga kejuaraan. Sedangkan tujuan festival ini, untuk meningkatkan motivasi bermain dan belajar bagi anak usia dini, juga mengembagnkan bakat dan kreatifitas anak usia dini. “Termasuk untuk meningkatkan motivasi guru pada lembaga-lembaga PAUD dalam melaksanakan tugas pembelajaran dan pengembangan anak usia dini,” jelasnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id