Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pendidikan Siswa SMK Penabur Jadi Duta Perubahan DFC

Siswa SMK Penabur Jadi Duta Perubahan DFC

Siswa-siswi SMK Penabur Purworejo menjadi duta perubahan untuk lingkungannya dengan mengikuti program Design for Change (DFC). Salah satu hasil kegiatannya berupa kreasi tempat sampah, yang diletakkan di semua gazebo yang ada di Alun-Alun Purworejo.

 

Peletakan tempat sampah tersebut dilakukan secara simbolis oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo Bambang Sugito SH, di salah satu gazebo alun-alun, Rabu (10/5). Acara dihadiri Yati Gunawan dan Amalia Setiabudi dari DFC Indonesia, Kepala Sekolah SMK Penabur Sri Haryani SE, serta perwakilan guru dan  siswa.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bambang Sugito SH mengungkapkan apresiasinya atas inisiatif dan kepedulian terhadap lingkungan hidup yang ditunjukkan DFC dan SMK Penabur, “Kalau saja semua sekolah dan semua pihak punya kepedulian seperti ini, tentu kondisi lingkungan kita akan sangat baik,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ke depan pihaknya ingin melakukan kerjasama yang lebih intensif dengan DFC. Antara lain dengan mengajak untuk bersama-sama memberikan pembinaan dan edukasi kepada sekolah dan masyarakat.

Sementara Yati Gunawan menjelaskan, Design for Change adalah gerakan global dimana anak-anak dilatih untuk menggagas perubahan di masyarakat tempat mereka tinggal, dengan cara mengerahkan kemampuan super “AKU BISA”. “Kemampuan “Aku Bisa” dalam diri anak-anak dilatih dengan melalui empat langkah, yaitu: merasakan (feel), membayangkan (imagine), melakukan (do), dan berbagi (share),” jelasnya.

Dijelaskan bahwa pembuatan tempat sampah merupakan salah satu aksi yang muncul dari permasalahan kebersihan alun-alun. “Mereka menemukan bahwa tempat sampah yang sudah ada letaknya terlalu jauh dari gazebo sehingga masyarakat memilih untuk membuang sampah di dalam gazebo atau di selokan,” katanya.

Setelah mewawancarai pengguna gazebo dan petugas kebersihan, para siswa sepakat untuk membuat tempat sampah yang menarik untuk ditempatkan di jalan masuk gazebo alun-alun Purworejo. “Para siswa mendesain dan membuat sendiri prototipe tempat sampahnya,” ungkapnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 187 tamu online