Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Berbagai Kegiatan Akan Ramaikan Peringatan Tjokronegoro

Berbagai Kegiatan Akan Ramaikan Peringatan Tjokronegoro

Peringatan Jumenengan RAA Cokronegoro I sebagai Bupati Purworejo yang diperingati setiap tanggal 27 Februari akan diramaikan dengan digelar berbagai kegiatan. Pemerintah Kabupaten Purworejo mengemasnya dalam sebuah rangkaian kegiatan yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat luas selama beberapa hari, untuk mengenang sejarah dinobatkannya Bupati pertama di Purworejo.

 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo Agung Wibowo AP, rangkaian peringatan jumenengan tahun ini akan berlangsung sejak 27 Februari  hingga 1 Maret. Dimulai 27 Februari pagi hingga sore hari, gamelan peninggalan yang berada di Pendopo kabupaten akan dibunyikan. “Dilanjutkan pada malam harinya,  resepsi Peringatan Jumenengan dengan acara utama yakni Sendratari yang menggambarkan peristiwa bersejarah prosesi penobatan atau pelantikan  RAA Cokronegoro I sebagai Bupati Purworejo pertama pada 27 Februari 1831 silam,” ujar Agung Wibowo yang didampingi Kabag Humas dan Protokol Agus Ari Setiadi, pada jumpa pers di Pendopo Kamis (8/2).

Menurut Agung, pada 1 Maret akan dipamerkan produk unggulan Purworejo di halaman Pendopo Kabupaten. Berbeda dengan expo yang selama ini digelar rutin, pameran bernuansa tradisional besok akan diisi dengan sejumlah kegiatan edukatif, seperti pelatihan membatik dan membuat kuliner Clorot. “Besok juga akan dilaunching produk-produk unggulan Purworejo dalam kemasan sendratari di halaman Pendopo,” jelasnya.

Selain jumpa pers tersebut, juga sekaligus dilakukan doa bersama dan pemotongan tumpeng yang digawangi komunitas Purworejo Vespa Berirama dan Petouring Orang Tua Gila Scooter (Portugis) Purworejo. Ketua Panitia Sugiyono mengatakan, doa bersama dan pemotongan tumpeng dimaksudkan untuk kesuksesan acara Jambore Vespa Nasional yang bertajuk Camping Ground III.

“Jambore vespa ini digelar dua hari akan diikuti sekitar 2.000 peserta dari berbagai daerah se-Indonesia. Jambore ini merupakan ajang tahunan yang digelar secara bergilir untuk mempererat jalinan persaudaraan antar pecinta vespa. Tentunya juga akan banyak membantu Kabupaten Purworejo dalam promosi daerah, khususnya dalam menyongsong tahun kunjungan wisata Romansa Purworejo 2020,” kata Sugiono yang berdinas di Kodim Purworejo.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 46 tamu online