Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Meriahkan Hari Jadi Purworejo, Batalyon 412 Kerahkan Tank Tempur

Meriahkan Hari Jadi Purworejo, Batalyon 412 Kerahkan Tank Tempur

Peringatan Hari Jadi ke 1116 Kabupaten Purworejo, juga dimeriahkan suguhan parade Seni yang diawali dari pasukan Tank Tempur milik batalyon mekanis 412 Purworejo. Tank Tempur yang star dari SMAN 7 itu, dinaiki Bupati Agus Bastian SE MM, Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Sekda Drs Said Romadhon, Kapolres AKBP Teguh Tri Prasetyo SIK, Komandan Batalyon 412 Purworejo Letkol Inf Fendri Navyanto Raminta, dan Kasdim 0708 Mayor Sulistiyono. Selain itu Tank Tempur yang lain dinaiki sejumlah pejabat dan sejumlah masyarakat.

Pasukan Tank Tempur yang merupakan barisan pertama parade seni tersebut, menuju ke arah timur melalui jalan jendral Oerip Soemohardjo depan DPRD menuju jalan Proklamasi depan kantor Setda yang langsung turun menuju panggung kehormatan, untuk menyaksikan parade seni yang diikuti 23 peserta terdiri 16 kecamatan dan 7 kabupaten lain, dijalan Proklamasi pada Kamis siang (5/10).

Parade seni menampilkan berbagai kesenian tradisional seperti, kesenian tradisional tari dayakan Magelang, tari kuda lumping Pemalang, tari lengger Purbalingga, tari jaran kepang dari Kebumen, kuda kepang Temanggung, tari reog Wonogiri, kesenian hajatan manten Kulonprogo, dan jaran kepang dari Wonosobo.

Bupati berharap, kedepan peringatan hari jadi akan dilaksanakan lebih meriah agar pringatan hari jadi menjadi acara yang benar-benar mampu dinikmati masyarakat secara luas. Apalagi di usia yang semakin tua ini, Kabupaten Purworejo agar semakin matang menjadi Kabupaten yang benar-benar mampu hadir memberikan kesejahteraan bagi rakyat. “Semoga kedepan Purworejo semakin maju, menjadi kota aman dan tertata. Kabupaten tradisional yang modern,” ungkapnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo Gandi Budi Supriyanto SSos menjelaskan,  peserta mengelingi kota Purworejo sejauh 2 kilometer setelah sebelumnya menampilkan atraksi di hadapan Bupati Purworejo, Wakil Bupati,  pejabat FKPD, dan OPD, serta sejumlah tamu undangan yang hadir dalam kesempatan itu. “Ini juga ditampilkan aneka kesenian tradisional dari berbagai kabupaten tetangga. Mereka tampil sebagai penghormatan hari jadi Kabupaten Purworejo,” katanya.

Menurutnya, parade seni menjadi salah satu upaya pemerintah mendorong kelestarian budaya tradisonal asli daerah. Sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih mencintai budaya tradisional yang saat ini mulai hilang tergerus zaman. Parade seni ini sebagai upaya menggali potensi kesenian daerah.

Sedangkan masyarakat tampak antusias hingga rela berjubel menahan terik matahari untuk dapat menyaksikan secara langsung prosesi parade seni. Para peserta dengan aneka kreasi berhasil menghibur penonton hingga usai. Parade seni berakhir dengan tampilnya Ogoh-ogoh dari Kelurahan Doplang Kecamatan Purworejo, yang melibatkan Bupati dan Wakil Bupati diminta melakukan penusukan Ogoh-ogoh sebagai penanda matinya segala jenis angkara murka, yang kemudian ogoh-ogoh dimusnahkan dengan dibakar didekat Kelurahan Doplang.


 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 99 tamu online