Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Wabup Minta WTP Dipertahankan

Wabup Minta WTP Dipertahankan

 

Kabupaten Purworejo yang menorehkan prestasi dalam laporan keuangan dengan mendapatkan  Opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) menjadi kebanggaan. Bahkan telah mendapatkan WTP 5 kali berturut-turut sejak tahun 2012 hingga 2016. Untuk itu agar terus dipertahankan WTP di Kabupaten Purworejo. Tentunya harus diikuti peran semua pihak supaya lebih optimal.  Kualitas akuntabilitas di masing masing OPD menjadi faktor yang dominan untuk tetap dapat mempertahankan WTP tiap tahun.

 

Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, pada rapat dinas gelar pengawasan daerah Kabupaten Purworejo di gedung wanita, hari ini Kamis (31/8). Hadir pula Kepala perwakilan BPKP Provinsi DIY, Inspektur Provinsi Tawa Tengah, Kapolres Purworejo, Sekda Purworejo, dan Inspektur kabupaten kota se eks Karesidenan Kedu.

Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan, rapat dinas gelar pengawasan yang dilaksanakan saat ini sesungguhnya merupakan bagian integral dari manajemen pemerintah daerah. Pengawasan adalah aspek manajemen yang membantu organisasi untuk lebih meyakinkan dalam mencapai tugas pokok dan fungsinya. “Pengawasan bukan semata-mata tugas aparat inspektorat, namun menjadi kewajiban seluruh OPD dalam rangka menjamin dan bertanggungjawab atas amanah yang diembannya baik terkait dengan tugas pokok dan fungsi organisasi maupun pelaksanaan APBD,” papar Yuli Hastuti.

Demikian juga kata Yuli Hastuti, eksistensi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) pada reformasi di bidang pengelolaan keuangan negara terutama dalam mendukung penguatan sistem pengendalian intern instansi pemerintah, perlu terus dilakukan untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintah melalui manajemen penyelenggaraan pemerintahan yang sehat dan kuat, yang dapat dijadikan sebagai modal dalam mengatasi persoalan-persoalan bangsa.

Menurutnya, selaras dengan Visi Reformasi Birokrasi 2010-2025, yang menghendaki terwujudnya pemerintahan berkelas dunia, maka perubahan pada era pengawasan bertujuan untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN menuju Clean Goverment. “Sehubungan dengan hal tersebut, untuk mengantisipasi kondisi birokrasi yang kompleks serta sebagai upaya meningkatkan pelayanan masyarakat, diperlukan peran Inspektorat dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan menuju Good Governance dan Clean Governance,” ungkap Wabup.

Yuli Hastuti menambahkan, disamping peran APIP sebagai Internal Auditor yang telah mengalami pergeseran dari peran sebagai watchdog (fungsi pengawasan) hingga consultant dan catalyst. Sebagai consultant, diharapkan APIP dapat mengevaluasi dan memberikan masukan kecukupan dan keandalan pengendalian serta memberikan arahan perbaikan bagi system dan prosedur pengendalian manajemen secara keseluruhan.

“Sedangkan peran APIP sebagai catalyst diharapkan dapat meyakinkan bahwa program dan kegiatan secara berkelanjutan memperlihatkan perbaikan kinerja (performance) yang seyogyanya mampu mencapai nilai, tujuan dan sasaran utama melalui proses quality assurance. Tentunya peran tersebut juga harus diimbangi dengan peran Satgas SPIP di masing masing OPD,” harapnya.

Sementara itu Inspektur Purworejo Drs R Achmad Kurniawan Kadir MPA melaporkan, peserta yang dilibatkan sebanyak 225 orang terdiri staf ahli bupati, Sekretaris DPRD Kab.Purworejo, Para Asisten Sekda, Kepala  beserta sekretaris OPD, Kabag setda, Direktur RSUD Dr Tjitrowardojo, Camat se Kabupaten Purworejo, dan pejabat struktural dan pejabat fungsional auditor serta P2UPD di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Purworejo. “Tujuan kegitan rapat dinas ini sebagai penegasan kebijakan pengawasan pemerintah, dengan sasaran untuk meningkatnya rasa mawas diri bagi aparatur sebagai tindak cegah melakukan pelanggaran, penyalahgunaan wewenang. Juga segala bentuk penyimpangan,” jelas Wawan yang juga sebagai ketua penyelenggara kegiatan.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 109 tamu online