Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Sekda Suport Yudha Maju Arsiparis Nasional

Sekda Suport Yudha Maju Arsiparis Nasional

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purworejo Drs Said Romadhon mensuport Krida Tya Yudha AMd yang berpamitan maju lomba pemilihan arsiparis teladan nasional 2017. Yudha yang bertugas arsiparis di Badan Pendapatan Pengelolan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) itu, berpamitan didampingi Plt Kepala BPPKAD Dra Woro Widyawati, di ruang kerja Sekda hari ini Kamis (10/8).

Sekda berpesan, siapkan materi utamanya memahami regulasi tentang kearsipan juga data dukung untuk menghadapi tim penguji. Apalagi mengangkat arsip sertifikat tanah, tentu sangat urgen sekali sebagai aset daerah, karena merupakan dokumen yang tidak ada penyusutan. “Kalau sudah masuk sistem, harus berusaha maksimal tidak usah beban mikir lain dan tetap konsentrasi. Hadapi dengan tenang, tidak usah grogi dan jangan lupa berdoa. InsyaAlloh dengan doa, akan menguatkan dan memantapkan langkah,” pesan Said sambil bersalaman mengucapkan selamat.

Yudha (30) yang sebelumnya telah dinyatakan juara I tingkat Prov Jateng pada Mei lalu, kini mempersiapkan diri berlaga tingkat nasional di Jakarta pada 15 hingga 19 Agustus mendatang. Usai berpamitan dia mengaku siap berusaha dengan semaksimalnya untuk membawa nama harum Kabupaten Purworejo dan Prov Jateng. “Apalagi suport Pak Sekda tadi kian menambah semangat, juga bimbingan dari Bu Woro. Semoga saya bisa melakukan yang terbaik, untuk itu mohon doa dari semuanya agar bisa lancar, syukur bisa meraih nilai baik,” doanya.

Persiapannya yang dilakukan yakni penyusunan laporan kegiatan dengan judul penyelamatan informasi strategis aset tanah Pemda Kabupaten Purworejo, seperti penulisan karya ilmiah, tata cara pengelolaan arsip sesuai mekanisme, dan data dukung lainnya, juga pemahaman tentang regulasi kearsipan secara detail. Selain itu juga mengikuti diklat sehari di Prov Jateng dan juga pembinaan dari Arpusda Kab Purworejo. “Untuk pelaksanaannya besok melalui tes tertulis isey dan pilihan ganda, serta wawancara,” ujar Yudha yang tinggalnya di Desa Pakem Kecamatan Gebang.

Sedangkan penerapan pengelolaan arsip di BPPKAD, Yudha mengelola berbagai arsip salah satu diantaranya dokumen sertifikat tanah. Meliputi pengelolaan dokumen kegiatan, dokumen pelaksanaan anggaran, dokumen administrasi, dan dokumen pertanggungjawaban. Diawali pemberkasan per tahun, dokumen sertifikat tanah penataannya per OPD pengguna, kemudian dibuatkan daftar arsip dan sarana bantu untuk mempermudah penemuan serta pemanfaatan sertifkat tanah.

“Sedangkan metode pelindungan dengan cara penggandaan sebagai antisipasi jika arsip hilang, masih terdapat arsip aslinya. Termasuk metode penyelamatannya dengan menyimpan arsip pada lemari besi yang bisa tahan api. Saya mengelola sertifikat tanah Pemda Kab Purworejo jumlahnya 940 sertifikat sampai bulan ini, dan masih akan bertambah karena belum semuanya selesai. Setiap bulan saya ubdate data,” jelas Yudha yang sudah berkeluarga dan memiliki 1 putra itu.

Yudha yang tercacat 4 tahun bekerja itu, mengaku ingin mengabdikan diri sesuai tugas yang diberikan, apalagi telah diikutkan Pendidikan dan latihan rutin setiap tahun. Bahkan telah difasilitasi, sehingga ingin ada hasilnya. Termasuk dalam pengelolaan arsip memang harus mendapat dukungan dan komitmen dari pimpinan, sehingga dalam menerapkan ilmunya juga bisa maksimal. “Saya berterimakasih karena pimpinan BPPKAD sangat mendukung baik moril maupun materiil,” ungkapnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 79 tamu online