Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Bupati Lantik Pejabat Esselon III dan V

Bupati Lantik Pejabat Esselon III dan V

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM melantik pejabat administrator (eselon III) dan pejabat pelaksana (eselon V) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo. Pejabat yang dilantik terdiri dari satu Sekretaris Camat Bruno dan tujuh Kepala Tata Usaha (TU) SMP Negeri di Purworejo.

Hal itu diketahui saat dilakukan pengambilan sumpah janji dan pelantikan pejabat administrator dan pelaksana di Ruang Bagelen Komplek Kantor Bupati Purworejo, Jum’at (4/8). Hadir Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH dan Sekda Purworejo Drs Said Romadhon serta sejumlah pejabat OPD.

Dalam sambutannya, Bupati menegaskan bahwa terjadinya perubahan merupakan suatu keniscayaan. Bahkan bisa dikatakan bahwa kemajuan peradaban suatu bangsa atau kemajuan suatu daerah, tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya perubahan.

Demikian juga dalam bidang pemerintahan, sebagai bagian dari sistem berbangsa dan bernegara maka setiap perubahan di tingkat yang lebih tinggi, harus diikuti di level bawahnya. Sehingga adanya perubahan di tingkat pusat, maka harus juga diimplementasikan di tingkat daerah, baik itu provinsi, maupun kabupaten.

Salah satu perubahan dimaksud, lanjut Bupati, adalah tentang perangkat daerah. Dimana dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016, membuat seluruh daerah harus menyesuaikan perangkat daerah yang ada selama ini dengan aturan tersebut.

Menurutnya, perubahan itu bukan saja diikuti dengan perubahan regulasi di daerah, tetapi juga harus dibarengi dengan pengisian Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam jabatan di setiap perangkat daerah. Mulai dari pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas dan pelaksana.

“Konsekuensi itulah yang kita laksanakan melalui penataan pejabat beberapa waktu lalu, dan masih terus berlanjut hingga hari ini,” terang Bupati.

Dikatakan, seperti diamanatkan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, pejabat dalam jabatan administrator bertanggung jawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik, serta administrasi pemerintahan dan pembangunan. Seorang pejabat administrator memiliki tanggungjawab yang besar dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sebuah perangkat daerah.

Demikian juga untuk pejabat pelaksana, yang memiliki tanggung jawab melaksanakan kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan. Oleh karena itu, pejabat yang dilantik diharapkan benar-benar dapat memahami tanggungjawab yang tak ringan tersebut.

Sebab, ujar Bupati, jika nanti pelaksanaan kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan di organisasi perangkat daerah tak berjalan semestinya, salah satu faktor penyebabnya patut diduga terletak pada ketidakmampuan pejabat administator yang membidanginya.

“Pejabat yang dilantik hendaknya dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan sebaik-baiknya. Terlebih pejabat pelaksana yang dilantik kali ini adalah kepala TU sekolah, sehingga diharapkan mampu mendukung program peningkatan kualitas pendidikan,” pungkasnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 123 tamu online