Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan APIP Ikut Diklat, Berharap Naik Level 3

APIP Ikut Diklat, Berharap Naik Level 3

Sebanyak 35 orang yang terdiri dari satuan petugas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Inspektorat Kabupaten Purworejo, mengikuti Diklat Teknis Peningkatan Kapabilitas APIP di Pusdiklat Purworejo, Rabu (12/7). Diklat tersebut terselenggara atas kerjasama Pemkab Purworejo dengan Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2017.

Hadir Bupati Purworejo yang diwakili oleh Sekda Purworejo Drs Said Romadhon, Inspektur Purworejo Drs R Achmad Kurniawan Kadir, Kepala Perwakilan BPKP DIY Titut Ratih Kusuma.

Kepala Perwakilan BPKP DIY Titut Ratih Kusuma mengatakan bahwa RPJMN telah menetapkan pada akhir 2019 nanti diharapkan 85 persen APIP berada pada level 3. Sedangkan, hingga saat ini 50 persen APIP masih berada dilevel 1. Dia berharap, waktu yang tersisa dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya .

“Dari catatan kami sampai dengan saat ini, dari 628 APIP Nasional yang ada baru sekitar 50 % masih berada di level 1. Kita harus bisa memanfaatkan waktu yang tersisa ini dengan sebaik-baiknya, agar dalam sekitar dua tahun kita bisa mencapai APIP level level 3 sesuai harapan pak Presiden,” kata Titut.

Dikatakan Titut, saat ini Inpektorat Kabupaten Purworejo berada di level 2 dengan catatan. Masih diperlukan penguatan dibeberapa elemen. Elemen yang masih perlu diperkuat mengenai peran dan layanan serta tentang praktek-praktek profesional.

“Pada saatnya nanti diharapkan dapat mencapai peran dan layanan level 3. Yaitu, dapat melakukan audit kinerja, evaluasi program, maupun melakukan layanan konsultasi,” jelasnya.

Bupati Purworejo melalui Sekda Purworejo Drs Said Romadhon mengatakan bahwa pemerintah terus berkomitmen untuk mewujudkan good governance khususnya pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme. Untuk itu, kinerja atas penyelenggaraan organisasi pemerintah menjadi perhatian pemerintah untuk terus dibenahi.

Salah satunya melalui sistem pengawasan yang efektif, dengan meningkatkan peran dan fungsi dari APIP. Menurutnya, salah satu faktor utama yang dapat menunjang keberhasilan pelaksanaan pengendalian Intern adalah efektivitas peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

“APIP harus terus melakukan perubahan dalam menjalankan proses audit guna memberi nilai tambah bagi kementerian negara/lembaga dan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Hal ini sejalan dengan peran pengawasan intern untuk mendorong peningkatan efektivitas manajemen risiko, pengendalian dan tata kelola organisasi,” kata Said.

Sementara itu, Kepala BKD Kabupaten Purworejo, drg Nancy Megawati MM menjelaskan Diklat bertujuan meningkatkan kapabitas dan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah. Sehingga terwujudnya aparatur pemerintah yang memiliki kemampuan dalam menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknis dibidang audit intern pemerintah.

Dikatakan Nancy, peserta sebanyak 35 orang yang terdiri dari satuan petugas APIP di Inspektorat Kabupaten Purworejo. Diklat akan dilakukan selama enam hari kerja mulai tanggal 12 hingga 19 Juli 2017.

“Dalam diklat tersebut juga direncanakan akan mengambil Labsus di Inspektorat Kabupaten Bantul selama dua hari tanggal 17 dan 18 Juli 2017,” terangnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 128 tamu online