Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Depot Arsip Mulai Dioperasikan

Depot Arsip Mulai Dioperasikan

Depot Arsip yang merupakan Gudang milik Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo, mulai dioperasikan sebagai penyimpanan kearsipan. Pengoperasian depot arsip berlantai dua itu diawali penandatanganan prasasti oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM yang didampingi Wakil Bupati Yuli Hastuti SH sebagai tanda telah diresmikan Depot arsip Kabupaten Purworejo, yang berlangsung digedung Depot Arsip pada Rabu (17/5). Hadir pula perwakilan Arsip Nasional Republik Indonesia, dan Dinas Arsip Provisni Jawa Tengah.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, arsip menjadi satu bukti penting perjalanan sebuah sejarah. Arsip yang dikelola Pemerintah Kabupaten Purworejo banyak menyimpan perjalanan administrasi pemerintahan kabupaten sejak awal hingga saat ini. Keberadaan depot arsip bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendatangi sekaligus menimba ilmu dari berbagai hal yang disajikan.

Dikatakan, Depot Arsip akan bisa menjadi cermin sejarah perjalanan Kabupaten Purworejo dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Berbagai kebijakan pembangunan dan kebijakan lainnya yang mengiringi berlangsungnya perkembangan di wilayah Kabupaten Purworejo menjadi torehan catatan yang harus diketahui masyarakat. Tentu depot arsip menjadi salah satu tempat untuk masyarakat bisa mengetahui berdirinya Purworejo, pembangunan, hingga perkembangannya saat ini.

“Untuk itu pentingnya sebuah arsip, supaya bisa dimanfaatkan OPD, BUMD, organisasi politik dan masyarakat bisa turut andil dalam keberlangsungannya. Tidak perlu ragu untuk menyerahkan dokumen arsip yang akan disimpan di depot arsip, dengan demikian berarti ikut menyelamatkan dokumen sejarah perkembangan Pemerintah Purworejo,” harap Bupati.

Perwakilan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Suminarsih menyampaikan penyelenggaraan kearsipan yang bermutu akan mendukung kepentingan manajemen pemerintahan dan pembangunan serta  menjamin penyelamatan bahan pertanggungjawaban nasional. Dengan demikian arsip merupakan bagian tak terpisahkan dari manajemen. “Keberhasilan pengelolaan arsip dengan sendirinya akan mempengaruhi kinerja organisasi karena arsip organisasi, secara nyata dan berkelanjutan memberikan dukungan kelancaran pada keseluruhan proses manajemen organisasi,” ungkapnya.

Menurtnya, adanya Depot Arsip di lingkungan Pemkab Purworejo ini tentunya menjadi sarana dan prasarana yang memadai dan layak dibanggakan. Ini adalah prestasi yang luar biasa karena belum semua daerah mampu mewujudkan hal ini. “Oleh karena itu, kami atas nama Pemerintah Republik Indonesia memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Purworejo beserta jajarannya khususnya di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo," kata Suminarsih.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Purworejo, Drs Muh Wuryanto MM mengatakan, adanya Depot Arsip akan semakin memasyarakatkan arsip dan dinikmati oleh masyarakat. Rencananya depot berlantai dua itu akan dilengkapi dengan ruang audio visual sebagai sumber pembelajaran masyarakat. Sedangkan, sasaran awal adanya depot arsip supaya tumbuhnya kesadaran dari OPD (organisasi perangkat daerah,red) BUMD, organisasi politik dan tokoh masyarakat di Purworejo agar bisa mempercayakan penyimpanan arsip bersejarah yang dimiliki untuk diserahkan kepada pemerintah.

 

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

Iklan

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id