Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan 247 Pejabat Ikuti Uji Kompetensi

247 Pejabat Ikuti Uji Kompetensi

Dalam rangka untuk melihat kemampuan dan kompetensi seorang pejabat, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Purworejo mengadakan asesmen bagi pejabat eselon III-IV di Kabupaten Purworejo di Aula Jati Indah Banyuurip, Selasa (16/5). Sebanyak 247 pejabat mengikuti kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan selama dua hari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Purworejo, Drs Said Romadhon saat membuka acara mengatakan asesmen pejabat di eselon III-V perlu dilakukan untuk melihat kemampuan dan kompetensi seorang pejabat. Hasilnya, nanti saat dilakukan pengisian jabatan bisa diberikan kepada mereka yang dinilai tepat dan bisa bekerja.

"Sebenarnya asesmen ini sudah harus dilakukan tahun lalu, karena waktunya bersamaan dengan daerah lain dan harus antri, kita baru kebagian di tahun ini," kata Sekda Said.

Menurutnya asesmen yang dilaksanakan sekarang merupakan gelombang pertama dari beberapa asesmen yang akan dilakukan. Dirinya berharap seluruh peserta bisa melakukan kegiatan itu dengan baik.

"Dari ini kita akan punya gambaran, siapa-siapa yang akan didudukkan di posisi jabatan baru. Jadi nantinya saat ditempatkan kita tidak salah memberikan jabatan itu karena dia bisa bekerja dengan baik sesuai kompetensinya," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Said juga meminta agar di Pemkab Purworejo mulai dibuka adanya layanan terpadu bagi seluruh kabupaten. Layanan pengaduan yang ada sekarang ini masih terbatas pada organisasi perangkat daerah saja, belum ada yang setingkat kabupaten.

"Layanan ini sudah harus ada. Tidak sendiri-sendiri di OPD masing-masing, ya OPD sendiri masih bisa tapi yang global seluruh kabupaten juga harus ada. Jadi layanan pengaduan dari masyarakat masuk ke situ dan dijawab kalau bisa. Kalau tidak ya diserahkan ke OPD terkait," tambahnya.

Sementara itu, Kepala BKD Kabupaten Purworejo, drg Nancy Megawati MM menjelaskan, dalam uji kompetensi kali ini pihaknya melibatkan tim asesmen dari LPPKM Universitas Sebelas Maret Surakarta. Asesmen itu dimaksudkan untuk mencari gambaran profil kompetensi, kualifikasi, keahlian, kelemahan dan kelebihan serta potensi masing-masing pejabat administrator dan pengawas yang ada.

"Hari pertama untuk pejabat eselon III yaitu 104 orang, dan hari kedua ada 143 pejabat eselon IV," kata Nancy.

Diharapkan, melalui asesmen itu akan bisa menjaring pejabat saat dilakukan suksesi pejabat guna mendukung manajemen karier dan kaderisasi pemimpin dalam manajemen kepegawaian.

"Jadi kita nantinya bisa memiliki potensi dan kompetensi pejabat administrator dan  pengawas yang pemanfaatannya nanti bisa digunakan untuk pengembangan karier pegawai serta pengangkatan dalam jabatan maupun penempatan kembali sesuai rekomendasi hasil pemetaan," imbuh Nancy.


 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 166 tamu online