Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Persiapkan Diri Raih Adipura, Pemkab Adakan Workshop

Persiapkan Diri Raih Adipura, Pemkab Adakan Workshop

Guna melakukan persiapan dan menambah motivasi meraih penghargaan Adipura, Pemkab Purworejo mengadakan Workshop Adipura, Rabu (19/4). Bertempat di Ruang Arahiwang Setda Purworejo, kegiatan dibuka oleh Bupati Purworejo yang diwakili Sekda Purworejo Drs Said Romadhon.

 

Workshop diikuti oleh 75 peserta yang terdiri dari penanggungjawab titik pantau Adipura. Diantaranya, Kepala Dinas, Kepala Sekolah, pengelola Bang sampah, Camat dan TPA. Nara sumber yang dihadirkan berasal dari Dinas LHK Provinsi Jawa tengah dan Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa (PPEJ) Kementerian LH Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Said Romadhon menilai hingga saat ini pengelolaan lingkungan hidup dan kebersihan di Kabupaten Purworejo belum memperoleh hasil sesuai yang diharapkan. Salah satu indikatornya terlihat dari hasil penilaian Adipura, yang dari tahun ke tahun masih berkutat pada level atau peringkat menengah ke bawah.

Bahkan pada tahun 2016, skor yang diperoleh Kabupaten Purworejo pada penilaian Adipura mengalami penurunan dibandingkan tahun 2015. Penurunan nilai Adipura terdapat pada titik pantau antara lain: pasar, pertokoan, rumah sakit/puskesmas, fasilitas pengolahan sampah skala kota, RTH perumahan, pemilahan sampah perumahan, pengolahan sampah, dan administrasi persampahan.

Secara spesifik penurunan juga berada di titik pantau drainase Jalan Kartini, Jalan Tentara Pelajar, PKL Jalan A Yani, tempat-tempat sampah di jalan protokol, TPS perkantoran, pemilahan sampah kantor, taman kota, RTH terminal dan TPA Jetis.

”Mohon kepada semua penanggungjawab titik pantau yang nilainya masih kurang, agar dapat segera dibenahi dan ditingkatkan. Karena penilaian P2 untuk Kabupaten Purworejo rencananya akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Juni 2017,” kata Said.

Said menambahkan, Adipura memang bukan tujuan utama yang ingin diraih, namun hanya sebagai wahana untuk mamacu semangat dalam menjaga dan meningkatkan kebersihan dan keindahan kota.

”Saya berharap agar kegiatan ini bisa menjadi salah satu alat evaluasi, sekaligus meningkatkan motivasi kita untuk bisa mengelola lingkungan dengan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Bambang Sugito SH selaku Sekretaris Kepala Dinas Lingkungan Hidup Purworejo menjelaskan, perolehan terbaik Kabupaten Purworejo dalam pengelolaan lingkungan hidup beberapa tahun terakhir adalah saat meraih sertifikat Adipura pada tahun 2014 dan 2016.

Pada tahun 2016, sertifikat Adipura diraih karena terjadi peningkatan kinerja pengelolaan lingkungan hidup di wilayah Kabupaten Purworejo. Adipura gagal diraih karena nilai yang diperoleh masih dibawah 75 dari semua titik pantau.

”Kemarin pada saat rapat koordinasi di Provinsi Jawa Tengah nilai kita dibawah 74, sehingga perlu ada peningkatan. Titik lemahannya ada di pasar,” kata Bambang.

Bambang menambahkan, untuk pertokoan juga nilainya masih dibawah dari yang diharapkan.  Termasuk pengelolaan sampah, baik diperumahan, perkantoran maupun pertokoan.

”Ini sudah kita opyak-opyak, kita peringatkan bersama dengan kelurahan namun hasilnya belum sebagaimana yang kita harapkan,” tandasnya.

Sementara itu, terkait pengelolaan persampahan pihanya juga sudah berupaya untuk membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). Pada tahun 2016, pihaknya telah membangun TPST disekitar pasar Suronegaran dan Kelurahan Kledung Kradenan.

Ditambahkan, pada tahun 2017 Dinas Lingkungan Hidup menerima bantuan  dari pusat berupa pembangunan sarana dan prasarana yang ada di TPA. Ia berharap dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di tahun 2017 dan tahun 2018 yang akan datang, Kabupaten Purworejo akan memperoleh Adipura.

”Mudah-mudahan ini akan menambah atau mendongkrak nilai adipura. Juga dengan dibangunnya pasar baledono yang tahun depan bisa selesai, juga diharapkan akan menambah nilai kaitannya dengan pasar,” imbuhnya.


 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

Iklan

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id