Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Desa Kalimeneng Masuk Enam Besar Lomba Tertib Arsip Desa Tingkat Provinsi

Desa Kalimeneng Masuk Enam Besar Lomba Tertib Arsip Desa Tingkat Provinsi

Desa Kalimeneng Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo masuk enam besar lomba tertib arsip Desa Kabupaten Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hal itu diketahui, saat Desa Kalimeneng menerima Tim Penilai lomba tertib arsip Desa untuk kembali dinilai memasuki tahap berikutnya, Selasa (16/4).

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH didampingi Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Drs Muh Wuryanto MM, beserta Muspika Kecamatan Kemiri turut hadir menerima Tim Penilai.

Dalam sambutannya, Wabup Yuli mengatakan Desa Kalimeneng telah menganggarkan anggaran kearsipan secara rutin pada APBDes. Dengan penganggaran secara rutin, maka kebutuhan sarana prasana kearsipan dapat terakomodir lebih optimal.

”Saya sangat bersyukur karena pada tahun 2017 ini, salah satu desa di Kabupaten Purworejo yakni Desa Kalimeneng Kecamatan Kemiri masuk dalam 6 besar,” kata Wabup.

Dikatakan, berdasarkan pengamatan dari Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), Desa Kalimeneng Kecamatan Kemiri juga sudah memiliki modal semangat dan komitmen untuk mengelola arsip sebagai aset.

Hal itu terlihat dari banyaknya koleksi khazanah arsip serta penataan seluruh arsip dinamis seperti arsip aktif, arsip inaktif, dan arsip vital. Selain itu juga arsip bentuk khusus seperti arsip foto, arsip elektronik, dan arsip peta.

Menurutnya, kegiatan kearsipan bukan hanya merupakan kegiatan yang dilaksanakan guna memenuhi aturan saja, tetapi lebih kepada kebutuhan yang melekat pada kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat desa.

”Diharapkan kedepannya desa yang sudah meraih prestasi, menularkan motivasi dan komitmen tertib arsipnya kepada desa sekitar,” tuturnya.

Ketua Tim Penilai Ani Indrati SH menjelaskan, lomba tertib arsip Desa Kabupaten Tingkat Provinsi Jawa Tengah tersebut di selenggarakan  untuk menciptakan tertib administrasi dan dokumen penyelenggaraan pemerintah desa. Sehingga arsip atau dokumen pemerintah desa dapat tersimpan dengan baik dan mudah untuk ditemukan kembali.

Ani menjelaskan, Kabupaten Purworejo merupakan Kabupaten terakhir yang akan dinilai oleh Tim Penilai. Sebelumnya, Tim telah menilai lima Kabupaten, yakni Kabupaten Kendal, Cilacap, Kebumen, Magelang, dan Grobogan.

Menurutnya, Kabupaten Purworejo yang Lembaga kearsipan Kabupatennya telah meraih prestasi tingkat provinsi seharusnya dapat menularkan kesuksesannya hingga tingkat desa.

”Lembaga kearsipannya saja bisa juara Provinsi, masa desanya belum pernah menjadi juara, jangan mau kalah dari Kabupaten lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, Didik Budi Prasetyo SSos selaku Plt Kepala Bidang Kearsipan Dinas Arsip dan Perpustakaan Purworejo menjelaskan sebelumnya Desa Kalimeneng telah melalui seleksi dan menjadi juara satu tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2016. Sehingga berhak untuk maju mewakili Kabupaten Purworejo untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi.

Didik berharap dengan adanya lomba tertib arsip tingkat Kabupaten maupun Provinsi, pengelolaan kearsipan Desa di Kabupaten Purworejo bisa sesuai standar kaedah kearsipan. Apalagi mengingat, di desa saat ini ada banyak dana ADD maupun DD yang tidak sedikit lagi.

”Dengan tertib arsip desa, baik pengelolaan administrasi kearsipan, pengelolaan keuangan atau yang lainnya bisa dengan mudah untuk ditemukan kembali dalam rangka pemeriksaan,” terangnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id