Get Adobe Flash player

Instansi Eksternal

dwp-purworejo.org

kwarcabpurworejo.org

pa-purworejo.go.id

pn-purworejo.go.id

indonesia.go.id

bappenas.go.id

Alamat dan Telepon

Daftar Telpon Penting
(Kode telpon 0275) Purworejo
PEMDA 321012
POLRES 110
RSUD 321118
PLN 321043
Telkom 162
PDAM 321050
PMI
321348
PEMADAM
324218/324219
SATLAK PBA
323850
POS
161
Home News Seputar Pemerintahan Tugas BPD Seberat Tugas DPRD

Tugas BPD Seberat Tugas DPRD

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai mitra Kepala Desa, harus dilestarikan keberadaannya. Karena tugas BPD tidak lebih ringan dibandingkan tugas Anggota DPRD. Bedanya hanya satu, yaitu kalau anggota DPRD mendapat gaji, tapi kalau anggota BPD tidak mendapat gaji alias pengabdian.

Hal itu diungkapkan anggota BPD yang baru dari desa Karangmulyo Kecamatan Purwodadi R Soeyono dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota BPD periode tahun 2012 s/d 2018 tingkat Kecamatan Purwodadi di aula Kecamatan Purwodadi, Selasa (4/9).  Pelantikan dilakukan Camat Purwodadi Drs H MGS Sukusyanto MM dengan ditandai penandatanganan naskah berita acara dan penyerahan surat keputusan (SK).

Lebih lanjut R Suyono mengungkapkan bahwa BPD merupakan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan di desa. Selain itu peran BPD juga sebagai kontrol dalam pengelolaan anggaran yang ada di desa. Oleh karena itu BPD dan pemerintah desa bisa saling  berkoordinasi dan saling kerjasama untuk memajukan pembangunan di desa.

Camat Purwodadi Drs H MGS Sukusyanto MM dalam sambutannya mengungkapkan pelantikan BPD tingkat Kecamatan Purwodadi diikuti oleh 32 desa dari 40 desa yang ada di Kecamatan Purwodadi dengan jumlah anggota 184 anggota. Anggota BPD periode 2012 sampai 2018 ini, didominasi oleh anggota baru karena anggota yang lama kebanyakan usianya sudah tua.

Sukusyanto meminta agar anggota yang baru saja dilantik segera membentuk kepengurusan yang baru dengan jangka waktu 7 hari setelah pelantikan dan 14 hari harus sudah dilaporkan ke bupati melalui camat. “Apalagi ada desa yang sebentar lagi akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades), dimana peran BPD ini sangat diperlukan untuk mensukseskan jalannya pilkades,” jelasnya.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kendrasmoko SSos MSi meminta agar anggota BPD yang baru saja dilantik bekerja dengan iklas dan jangan menyimpang dari aturan yang ada. “Karena BPD tidak menerima gaji tiap bulan seperti PNS, jadi bayarannya hanya iklas dan penuh pengabdian demi kemajuan pembangunan di desanya.
ignored text

 

Komentar  

 
0 #2 SHAFA 2013-06-20 21:54
di artikel tersebut tertulis bahwa "Bedanya hanya satu, yaitu kalau anggota DPRD mendapat gaji, tapi kalau anggota BPD tidak mendapat gaji alias pengabdian."
di situ tertuliskan bahwa anggotanya tidak mendapat gaji. bagaimana dengan ketua BPD. apakan juga tidak mendapatkan gaji juga?
kalau misal mendapat gaji, kira-kira berapa?
terimakasih :-)
Quote
 
 
0 #1 harnet jaguar 2013-03-04 19:51
bok ikun leh saakee podo2 kerjo rk byarn pincng jnge iku :eek:
Quote
 

Tambah komentar


Security code
Refresh

Iklan

SIM-SIM Internal

SIM Perencanaan Pembangunan

sippd.purworejokab.go.id