Get Adobe Flash player

Kinerja

Rencana Umum Pengadaan

Instansi Eksternal

kwarcabpurworejo.org

pa-purworejo.go.id

pn-purworejo.go.id

indonesia.go.id

bappenas.go.id

Daftar Telpon Penting
(Kode telpon 0275) Purworejo
PEMDA 321012
POLRES 110
RSUD 321118
PLN 321043
Telkom 162
PDAM 321050
PMI
321348
PEMADAM
324218/324219
SATLAK PBA
323850
POS
161
Home News Seputar Pemerintahan Diperindagkop Juara Umum Lomba Pemanfaatan TIK

Diperindagkop Juara Umum Lomba Pemanfaatan TIK

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Diperindagkop) meraih juara umum lomba pemanfaatan dan pembudayaan teknologi informasi komunikasi (TIK) tingkat Kabupaten Purworejo. Selain itu Diperindagkop juga menjadi juara I untuk kategori pengembangan subdomain, diikuti Kecamatan Purworejo dan Kaligesing. Sedangkan kategori pengembangan intranet, dimenangkan Setda, disusul Kecamatan Kaligesing dan Diperindagkop. Disamping itu Bupati juga menyerahkan piagam kepada 15 SKPD yang memenuhi kriteria.

 

Penyerahan penghargaan dilakukan dalam upacara bendera tujuhbelasan di halaman Setda, Selasa (17/1). Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan tata kepemerintahan yang baik saat ini dituntut berbasis elektronik (e-Government). Dengan memanfaatkan teknologi informasi berupa internet dan intranet, secara bertahap diharapkan bisa membangun sistem informasi terintegrasi, yang akan menghasilkan birokrasi yang cepat, akurat, efisien dan transparan. “Salah satu produk yang saat ini sudah berjalan adalah komunikasi dan transfer data antar SKPD melalui intranet dan aplikasi spark, serta lelang secara elektronik,”ungkapnya.

Untuk mendukung terwujudnya e-Government, saat ini semua jaringan pada setiap SKPD dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Purworejo telah terkoneksi, kecuali kelurahan. Selain itu, Petugas pengelola data elektronik (PDE) SKPD telah dibekali bimbingan teknis. Proses pemanfaatan TIK dilingkungan SKPD juga sudah melalui proses pemberdayaan dan pembudayaan TIK.

“Saya ingatkan pula bahwa masa transisi surat elektronik akan berakhir pada akhir Desember 2011, dengan demikian surat elektronik berlaku secara resmi pada 1 Januari 2012. Apabila program tersebut telah berjalan, diharapkan akan mempercepat tercapainya efisiensi penggunaan ATK, telepon, perjalanan dinas, kurir surat dan penyelenggaraan rapat,”katanya.

Menurutnya, surat elektronik secara online antar SKPD dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo adalah suatu keharusan yang mau tidak mau atau suka tidak suka, mutlak harus segera dilakukan tanpa penundaan, sebagai konsekwensi program yang telah dirintis sejak dua tahun silam. Kebijakan ini sekaligus mengharuskan pejabat struktural, pejabat fungsional dan pelaksana di semua lini SKPD, agar selalu lebih akrab dengan komputer dan laptop dalam mengakses data/informasi melalui program yang tersedia yakni spark, situs intrapwr.net dan www.purworejokab.go.id.

“Walaupun demikian, tidak kalah pentingnya adalah kemauan aparatur dalam mengembangkan kemampuannya merajut prestasi dan etos kerja, dengan memanfaatkan berbagai bimbingan teknis yang diperoleh dan ditularkan kepada rekan kerjanya sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah, cepat dan akurat,”harapnya.

Sementara itu Kabag Humas Setda Drs.Joko Saptono mengatakan tujuan lomba TIK tersebut untuk memberikan motifasi kepada SKPD dalam mempercepat terlaksananya e-goverment dalam mendukung tata laksana pemerintah yang baik. Kriteria penilaiannya antara lain absensi SPARK setiap hari pada jam kerja ring I jam 07.00 s/d 09.00 dan ring II jam 10.00 s/d 12.00 WIB, pengembangan subdomain SKPD, dan pemanfaatan intranet. Untuk metode penilaiannya berdasar hasil rekaman monitor dan evaluasi masa transisi tiga bulan terakhir menjelang akhir tahun 2011. Joko Saptono berharap lomba pembudayaan TIK seperti ini agar dapat menjadi agenda tahunan selama tiga tahun berturut-turut yang dibiayai APBD.

 

Tambah komentar

terima kasih


Security code
Refresh

Iklan