Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pembangunan Pemkab Serahkan 48 Rumah Tumbuh Dan 5 Jembatan

Pemkab Serahkan 48 Rumah Tumbuh Dan 5 Jembatan

Pemkab Purworejo menyerahkan bantuan 48 unit rumah tumbuh kepada korban bencana banjir dan longsor yang terjadi pada 18 Juni 2016 lalu. Selain itu juga diserahkan 5 infrastruktur jembatan sebagai sarana penghubung antar wilayah, yang mengalami kerusakan cukup parah saat bencana terjadi.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM di Balai Desa Jelok Kecamatan Kaligesing, Jum’at (31/3), sekitar pukul 14.00 wib. Penyerahan ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima antara kedua pihak dan dilanjutkan penandatanganan prasasti pembangunan jembatan oleh Bupati Purworejo.

Turut hadir, Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 412 Purworejo Letkol Inf Fendri Navyanto Raminta, Kasi Pidum Kajari Ari Wibowo, Asisten I Sekda Drs Murwanto, Asisten II Sekda Gandi Budi Supriyanto SSos, Staf Ahli Bupati Drs Tri Handoyo MM, Wakil Direktur Bank Jateng Kanca Purworejo Januar Subehi, Kepala BPBD Drs Budi Harjono, Muspika, Kepala Desa serta sejumlah penerima bantuan desa terdampak.

Pada kesempatan itu, Bupati mengatakan bencana yang terjadi kala itu memang sungguh dasyat. Karena bencana tersebut telah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan harta benda berupa 46 orang meninggal dunia, 16 orang dirawat di rumah sakit, 41 rumah rusak total, 28 rumah rusak berat dan puluhan rumah rusak sedang.

“Kalau diperkenankan, saya memohon kepada Tuhan agar bencana ini tidak datang lagi,” katanya.

Bupati menambahkan, pihaknya menyerahkan rumah tumbuh itu sebagai pengganti rumah yang terkena korban bencana. Untuk itu, Bupati berharap agar rumah tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Manfaatkan rumah itu, barangkali tidak sebagus, seindah dan senyaman rumah rumah yang dulu. Tetapi insya Allah dapat melindungi bapak dan ibu dari panas dan hujan,” katanya.

Setelah menyerahkan bantuan, Bupati menyempatkan diri meninjau kondisi 8 rumah tumbuh yang ada di Desa Jelok. Sebelumnya Bupati memotong pita sebagai tanda peresmian rumah tumbuh tersebut.

“Saya sudah meninjau beberapa rumah, ternyata rumahnya sangat layak huni. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih. Selain kepada pemerintah pusat, provinsi maupun seluruh donatur,” kata Bupati setelah meninjau rumah tumbuh.

Bupati juga menjelaskan, selain rumah tumbuh pihaknya juga memperbaiki berbagai infrastruktur yang terkena dampat bencana seperti jalan dan jembatan.

“Sudah ada beberapa yang sudah jadi seperti jalan dan jembatan. Tetapi ada juga jembatan yang belum terealisasi, tetapi sudah kita anggarkan agar dapat dilaksanakan pembangunannya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Purworejo Budi Harjono menjelaskan, ada lima desa yang menjadi tempat lokasi rekolasi dan dibangun rumah tumbuh. Yakni, Desa Pacekelan sebanyak 11 rumah, Desa Sidomulyo sebanyak 14 rumah, Desa Jelok sebanyak 8 rumah, Desa Karangrejo sebanyak 4 rumah, dan Desa Donorati sebanyak 11 rumah.

Sedangkan 5 jembatan yang diserahkan yaitu jembatan Desa Pogungkalangan, Desa Popongan, Desa Sidomulyo, Desa Donorati dan Desa Sudimoro.

Lebih jauh Budi Harjono menjelaskan, anggaran pembangunan rumah tumbuh berasal dari berbagai sumber. Antara lain bantuan dari bantuan Gubernur, Dana Siap Pakai (DSP) Transisi Darurat BNPB 2016, dan dana dari rekening Peduli Purworejo.

Sedangkan pembangunan infrastruktur jembatan yang mengalami kerusakan tersebut, telah difasilitasi oleh anggaran dari DSP Transisi Darurat BNPB Tahun 2016.

Dikatakan Budi Harjono, ada beberapa kendala yang dihadapi dalam relokasi korban bencana. Yakni, penyiapan lahan relokasi, cuaca ekstrim, tempat relokasi yang tersebar, proses pengadaan tanah, dan turunnya dana dari Provinsi maupun BNPB yang lambat.


 

Komentar  

 
0 #1 Dimas Kamali 2017-04-01 09:54
Kami dari PT. AVICENNA PERKASA menawrkan perumahan bersubsidi dengan Type 36/68 DP Nol Persen dan Bebas biaya apapun.

081210097951
Quote
 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 185 tamu online