Get Adobe Flash player
Home News Seputar Olahraga Purworejo Dinilai Sukses Selenggarakan Gowes Pesona Nusantara

Purworejo Dinilai Sukses Selenggarakan Gowes Pesona Nusantara

Kabupaten Purworejo dinilai telah sukses dalam menyelenggarakan event Gowes Pesona Nusantara (GPN) etape pesona alam Purworejo, Minggu (2/9) kemarin. Hal itu terlihat dari peserta gowes yang berjumlah tak kurang dari 4.500 orang. Mulai Bupati, Muspida hingga masyarakat turut bertasipasi untuk menyukseskan event yang diselengarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) tersebut.

Hal itu juga tegaskan oleh Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Kemenpora Teguh Raharjo SPd MM, saat menerima peserta GPN di garis finish Pantai Jatimalang, Purworejo, Jawa Tengah, Minggu (2/9).

“Purworejo berhasil dalam penyelenggaraan Gowes Pesona Nusantara. Terbukti mulai Bupati, Wakil Bupati, Kapolres dan masyarakat ikut berpartisipasi. Pesertanya hampir 5.000, didukung dengan pertunjukan seni, dan partisipasi masyarakat di sepanjang perjalanan perlu diapresiasi. Hal itu menunjukan bahwa komintem Pemkab Purworejo luar biasa,” tegasnya.

Dikatakan, Gowes Pesona Nusantara sudah dimulai sejak bulan Mei 2017. Dalam perjalanan, membawa tanah dan air dari setiap tempat yang dilalui di seluruh Indonesia dari sabang sampai merauke. Hal itu dimaksudkan karena tanah dan air merupakan harga diri bangsa.

Gowes Pesona Nusantara akan finis di Magelang, pada (9/9) saat peringatan Hari Olahraga Nasional yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo berserta beberapa menteri. Presiden juga akan bersepeda dengan 6.000 peserta dari seluruh nusantara yang akan finis di Gunung Tidar Magelang.

Lebih jauh Teguh menjelaskan, GPN bertujuan untuk mengajak masyarakat meningkatkan olahraga agar semakin bugar sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup. Selain berolahraga, juga untuk menyatukan seluruh masyarakat untuk bersatu demi Indonesia Raya.

“Tahun ini baru 100 kabupaten kota yang ikut, masih banyak kabupaten lain yang ingin menyelenggarakan Gowes Pesona Nusantara. Mudah-mudahan tahun depan kita dapat kembali menggelar kegiatan ini,”  imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora yang telah menujuk Purworejo untuk berpartisipasi dalam event Gowes Pesona Nusantara. Apalagi saat ini Purworejo sedang giat-giatnya menumbuhkan tempat-tempat wisata. Dengan event ini diharapkan dapat memperkenalkan potensi wisata di Purworejo.

“Selain dengan berolahraga badan bisa menjadi sehat, tetapi juga dapat berwisata bersama. Purworejo sedang giat-giatnya menumbuhkan tempat-tempat wisata. Marilah kita perkenalkan wisata-wisata baru dan jadikan Kabupaten Purworejo menjadi kota wisata yang alamnya sangat indah,” kata Bupati.

Bupati menambahkan bahwa Pemkab Purworejo juga berencana akan mengadakan event Gowes Tiga Negara pada akhir tahun 2017. Ketiga negara yang akan berpartisipasi yakni negara Indonesia, Singapura dan Malaysia.

“Kita juga akan menggelar gowes tiga negara yang rencanya akan diselenggarakan pada akhir tahun. Ketiga negara yakni Indonesia Singapura dan Malaysia. Kegiatan gowes juga dimaksudkan agar kebersamaan kita semakin kuat,” jelasnya.

Bupati Lepas Peserta Gowes Pesona Nusantara

Kabupaten Purworejo memang dipercaya sebagai salah satu kabupaten yang dilalui event Gowes Pesona Nusantara. Peserta Gowes Pesona Nusantara dilepas secara langsung oleh Bupati Purworejo yang didampingi Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH MM dan Sekda Purworejo Drs Said Romadhon. Sebelumnya dilakukan penyerahan air tanah kebangsaan secara simbolis oleh Bupati kepada Asisten Deputi Kemenpora.

Rute yang dilalui sekitar 25 km yang mencangkup empat kecamatan yakni Kecamatan Purworejo, Banyuurip, Ngombol dan Purwodadi. Peserta singgah di rumah orang tua Bupati Purworejo di Desa Wasiat Ngombol dan finis di Pantai Jatimalang.

Peserta berjumlah sekitar 4.500 peserta yang berasal dari komunitas sepeda sport, komunitas sepeda tua, pelajar, dan masyarakat umum. Di Pantai Jatimalang dilakukan penarikan undian yang menyediakan hadiah utama dua buah sepeda motor. Para peserta juga dihibur oleh kesenian tari dolalak dan kuda lumping dan berbagai atraksi seni lainnya.

Bupati Purworejo, Kapolres Purworejo, Dandim 0708 Purworejo dan beberapa pimpinan OPD ikut berpatisipasi dalam Gowes Pesona Nusantara tersebut. Di sepanjang jalan, warga masyarakat yang dilalui rute Gowes Pesona Nusantara juga ikut berpartisipasi dengan sukarela memberikan minuman dan snack ringan kepada peserta.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 110 tamu online