Get Adobe Flash player
Home News Seputar Legislatif Jombang Belajar dari Purworejo Soal Regulasi Toko Modern

Jombang Belajar dari Purworejo Soal Regulasi Toko Modern

Maraknya toko-toko modern menimbulkan dilemma tersendiri bagi anggota DPRD Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Mereka mencoba memberikan rambu-rambu agar keberadaan usaha kecil yang dikelola warga tetap berjalan dan tidak tergerus keberadaan toko modern.


Hal itu menjadi satu pertimbangan, mereka melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Purworejo dengan mengunjungi DPRD Purworejo untuk mendalami terbitnya perda yang mengatur tentang toko modern. Selain itu mereka juga merekam aneka kegiatan yang telah atau akan dilakukan oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) DPRD Purworejo.

Dalam kunjungan kerja yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Jombang Joko Triono itu diikuti pula oleh Ketua Bapem Perda DPRD Jombang Meydi Bambang Murtiyoso serta anggota Bapem Perda lainnya. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Ketua Bapem Perda DPRD Purworejo Sutarno didampingi beberapa anggota.

"Belakangan ini di Jombang sudah mulai semarak dengan adanya pasar modern. Ini menjadi kebimbangan kami," kata salah satu anggota Totok Hadi Riswanto.

Menurutnya di Kabupaten Jombang, payung hukum untuk menaungi pengusaha kecil yang bergerak di pasar retail belum ada. Akibatnya pasar modern merebak dan mengimbas kepada usaha kecil. "Pedagang kelontong menjadi korban dan akhirnya jatuh tidak bisa meneruskan usahanya," tambahnya.

Kondisi ini kian terpuruk dengan matinya usaha yang berujung kepada ketidakmampuan melakukan kewajibannya mencicil angsuran ke bank. Dirinya berharap kesempatan kedatangan ke Purworejo ini bisa menyerap berbagai informasi tentang upaya yang sudah dilakukan agar usaha kecil tetap ada dan berkembang.

Ketua Bapem Perda Purworejo Sutarno mengatakan jika Purworejo sebelumnya mengalami hal yang sama dengan Jombang. Hanya saja Pemkab telah menerbitkan payung hukum pada tahun 2014 dengan munculnya Perda No 6 Tahun 2014 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pasar Tradisional, Penataan dan Pengendalian Pasar Modern.

"Aturan ini memberikan beberapa rambu bagi pasar modern yang akan muncul di Purworejo. Tujuannya agar keberadaan pasar tradisional tetap terjaga dan tidak tergerus oleh pasar modern," kata Sutarno.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 49 tamu online