Get Adobe Flash player
Home News Seputar Kesehatan Dinperinaker Pertama Buka Posbindu

Dinperinaker Pertama Buka Posbindu

Upaya menyehatkan jajaran pegawainya, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Purworejo membuka Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) untuk layanan kesehatan. Bahkan Dinperinaker dibawah kepemimpinan Drs Sutrisno MSi itu, tercatat merupakan OPD yang pertama membuka Layanan Posbindu, diluar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purworejo.

Sutrisno mengatakan, layanan Posbindu yang dikhususkan untuk karyawan karyawati di jajaran Diperinaker, sebagai tindaklanjut sosialisasi Posbindu yang diselenggarakan Dinkes. Selain menyukseskan program tersebut juga yang terpenting untuk menjaga kesehatan karyawan karyawati. Karena sangat pentingnya kesehatan bagi jajaran pegawai, untuk mendukung kelancaran dalam melakukan aktifitas kerja. “Dengan sehat, akan mudah melakukan pekerjaan baik di kantor maupun berkomunikasi keluarga di rumah. Maka saya harap, semua karyawan karyawati bisa memanfaatkan keberadaan Posbindu. Tentu harapannya semua sehat, namun kalau terdeteksi sakitnya tentu pengobatannya ke Puskesmas tidak terlambat,” tandas Sutrisno yang didampingi Sekretaris Pracoyo SSos.

Ditambahkan Pracoyo, tujuan layanan Posbindu ini sbg upaya deteksi dini terhadap pegawai agar dapat mendeteksi dini terhadap penyakit tidak menular. Antara lain menceteksi stroke, jantung koroner, paru-paru, sumbatan pembuluh darah, kanker, dan diabetes konflik. Pelayanannya dilakukan setiap sebulan sekali setiap hari Senin pada Minggu kedua, yang bekerjasama dengan Puskesmas Purworejo, “Yang perlu dipahami Posbindu ini, untuk mendeteksi dini, bukan mengobati. Artinya jika tensi, gula darah, kolesterol, atau yang lainnya ternyata terdeteksi tidak normal. Maka silahkan yang bersangkutan melakukan pengobatan pada Puskesmas atau Rumah Sakit. Setidaknya Posbindu sangat membantu mengetahui dini, sehingga tidak berakibat fatal,” jelasnya.

Menurut Pracoyo, pembelian alat-alat kesehatan untuk layanan Posbindu dengan swadaya yakni menggunakan dana Rp.2,5 juta dari hasil Dinperinaker memperoleh juara I lomba kebersihan dalam rangka HUT RI. Yakni alatnya untuk pemeriksaan Tinggi Badan, Berat Badan, Lingkar pinggang, Tensi darah, Asam urat, Gula darah, dan kesterol. “Hasil pemeriksaan dicatat utk mengetahui deteksi berkala dan kader kesehatan dapat memberi saran tindakan preventif dan bilamana perlu bisa menyarankan untuk ke dokter. Dengan upaya ini, para pegawai dinperinaker dapat terhindar dan mencegah timbulnya penyakit tidak menular. Untuk bulan Desember ini, akan dilakukan pada senin depan (11/12),” kata Pracoyo yang didampingi Lilik.

Sementara itu secara terpisah Kasi Penanggulangan Penyakit Dinkes Triyo Darmaji SKM mengatakan, Posbindu merupakan program pemerintah tentang scraning faktor resiko penyakit tidak menular. Sasarannya semua orang yang berusia 15 – 59 tahun, harus melakukan pemeriksaan di Posbindu minimal satu tahun sekali. Sehingga Posbindu akan dibuka di semua desa kelurahan dan OPD.

Untuk OPD yang sudah melaksanakan Posbindu selain Dinkes, baru Dinperinaker. Sedangkan yang lainnya belum. Targetnya Posbindu harus sudah dilaksanakan di semua desa keluarahan dan OPD se Kabupaten Purworejo, pada awal 2018 mendatang. “Untuk alatnya atau yang disebut Posbindu kit akan disediakan 988 Posbindu kit, yang akan diserahkan pada Januari mendatang. Desa kelurahan yang jumlah penduduknya banyak, akan mendapatkan dua Posbindu kit, agar bisa mencakup semua warga,” ujar Triyo Darmaji.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 161 tamu online