Get Adobe Flash player
Home News Seputar Kesehatan PKK Giring Anak SD SMP Cuci Tangan Pakai Sabun

PKK Giring Anak SD SMP Cuci Tangan Pakai Sabun

TP PKK Kabupaten Purworejo menggiring anak-anak SD  dan SMP untuk melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang disiapkan didepan kantor PKK Kabupaten Purworejo. CTPS itu dalam rangka perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia pada Rabu pagi (8/11). Kegitan CTPS yang melibatkan sekitar 200 siswa itu, dibuka Wakil Ketua TP PKK Ny Sri Marhaeni Setyarso Widodo.

Menurut Ny Sri Marhaeni,  kegiatan tersebut merupakan bentuk peringatan cuci tangan pakai sabun sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 November. Banyak yang  anc dipetik dengan kebiasaan baik itu. Dengan menggunakan sabun akan membunuh kuman yang ada ditangan, sehingga bisa meminimalisir penyakit.

Dikatakan, beberapa penyakit yang  timbul akibat tidak bersihnya tangan seperti diare, kolera, disentri, tipus, cacingan, penyakit kulit, infeksi saluran pernafasan akut, flu burung, dll. “Di tengah masyarakat kita, pembiasaan seperti ini memang masih rendah. Makanya kita gencarkan sosialisasi hidup sehat melalui berbagai forum yang ada, termasuk sampai tingkat dasawisma juag sekolah-sekolah,” tambahnya.

Sementara itu pengurus Pokja IV PKK Ny Dani menjelaskan, cuci tangan juga diikuti pengurus PKK baik kabupaten maupun kecamatan.  Sedangkan siswa siswi sekolah 3 sekolah SD dan 1 sekolah SMP.  Sedangkan cara mencuci tangan yang benar menurut Ny Dani,  diawali dengan telapak tangan dibasahi memakai air mengalir, diusap dan gosok telapak tangan secara lembut, lalu usap dan gosok juga ke dua punggungtangan bergantian, gosok-gosok sela-sela jari dan bersihkan ujung jari secara gantian mengatupkan.

“Lalu gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian, letakkan ujungjari ke telapak tangan lalu gosok perlahan. “Kemudian bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, diakhiri dengan membilas seluruh tangan dengan air bersih mengalir lalu keringkan dengan handuk atau tisu. Cuci tangan ini diharapkan bisa membudaya, agar semua keluarga menjadi sehat,” jelas Ny Dani.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 40 tamu online