Get Adobe Flash player
Home News Seputar Kesehatan Yuli Hastuti SH Kukuhkan Komisi Lansia Semua Desa Kelurahan

Yuli Hastuti SH Kukuhkan Komisi Lansia Semua Desa Kelurahan

Wakil Bupati Yuli Hastuti SH yang juga sebagai Ketua Komisi Daerah Lansia Kabupaten Purworejo melakukan pengukuhan Komisi Lansia Desa dan Kelurahan se Kabupaten Purworejo. Pelaksanaan pengukuhan dilakukan di lima tempat per eks Kawedanan, yakni eks kawedanan Kutoarjo, Loano, Kemiri, Purwodadi, dan Eks Kawedanan Purworejo. Pada pelaksanaan pengukuhan di Eks Kawedanan Purworejo sebagai tanda mengakhiri rangkaian kegiatan pengukuhan komisi lansia di semua desa kelurahan, yang dipusatkan di Aula Kecamatan Purworejo  kemarin.

Hadir pula Kepala Dinas Sosdukkbpppa Dra Eny Sudiyati MM, Sekcam Purworejo Andang Nugrahatara Sutrisno SSTp MSi, Wakil Ketua Komda Lansia Drs Istiarto, Drs Tri Budiyono, dan sejumlah pejabat Dinsosdukkbpppa.

Dalam sambutannya Yuli Hastuti mengatakan, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.60/2008 tentang Pedoman Pembentukan Komisi Daerah Lanjut Usia dan Pemberdayaan Masyarakat. Dalam penanganan Lansia, di dalamnya tertera bahwa Komisi Lansia harus dibentuk di semua tingkatan mulai dari Tingkat Pusat dengan nama Komisi Nasional Lansia, tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan nama Komisi Daerah Lansia, dan Tingkat Kecamatan dan Kabupaten/Kota dengan nama Komisi Lansia.

Dipaparkan Yuli Hastuti, pemerintah telah mengeluarkan berbagai peraturan guna penanganan Lansia yang tujuannya untuk mensejahterakan para Lansia dengan harapan dapat meningkatkan Usia Harapan Hidup di Indonesia. Masih banyak kita temui para Lansia produktif yang masih mampu berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan segala keterbatasannya. Pengukuhan pengurus Komisi Lansia desa dan kelurahan ini, untuk memperkuat kelembagaan Komda Lansia di Kabupaten Purworejo agar penanganan Lansia di Kabupaten Purworejo bisa maksimal dan benar-benar bisa mewujudkan kesejahteraan Lansia.

“Saya selaku Ketua Komda Lansia Kabupaten Purworejo menargetkan akhir tahun 2017, Komisi Lansia di Kabupaten Purworejo sudah terbentuk semua. Dengan harapan ke depan akan dapat dilaksanakan kegiatan Lansia yang dapat bekerjasama dengan OPD. Sedangkan kegiatan diperlukan anggaran, tentunya mengusulkan ke APBD. Juga desa supaya bisa ditopang dari Dana Desa (DD) atau Alokasi Dana Desa (ADD),” tandas Yuli Hastuti.

Sementara itu Wakil Ketua Komda Lansia Drs Istiharto mengatakan, nanti akhir 2017 setelah semua komisi lansia terbentuk hingga tingkat desa kelurahan tentunya akan diimbangi dengan kegiatan. Minimal ada kegiatan dalam 1 bulan sekali seperti olahraga lansia bisa senam lansia, jalan sehat, dll. “Sedangkan kerjasama dengan OPD terkait, misalnya dengan Dinas kesehatan terkait dalam hal bantuan obat-obatan, atau Dinas Perhubungan dalam hal bantuan transpot wisata lokal diwilayah Kabupaten Purworejo, demikian juga dengan OPD lain sesuai dengan bidangya,” jelasnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 122 tamu online