Get Adobe Flash player
Home News Seputar Kesehatan Pemkab Himbau Kewaspadaan Keamanan Pangan

Pemkab Himbau Kewaspadaan Keamanan Pangan

Menjelang dan selama Ramadhan dan Idul Fitri volume produksi dan peredaran pangan menglami peningkatan. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Kesehatan mengeluarkan himbauan, dalam rangka mencegah berdarnya pangan yang tidak memenuhi persyaratan atau menimbulkan gangguan kesehatan masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dr Kuswantoro MKes, beberapa hal yang perlu dilakukan masyarakat antara lain mencermati kelengkapan label kemasan pangan. “Kelengkapan itu meliputi ijin edar MD/ML/P-IRT, nama produsen, alamat produsen, komposisi, berat bersih/netto dan tanggal kedaluwarsa,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau agar mewaspadai kemungkinan pangan kedaluwarsa yang dikemas dalam bentuk parcel Lebaran atau tanggal kedaluwarsa.  Juga menghindari pangan dengan kemasan yang rusak, sobek, penyok, mengembung, bocor, kaleng berkarat serta kerusakan lainnya.

“Hindari juga pangan produk luar negeri yang tidak memiliki ijin edar BPOM atau tidak disertai informasi dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang mudah dipahami,” katanya.

Pihaknya juga menghimbau, apabila melakukan pembelian bahan tambahan pangan (BTP) untuk pengolahan pangan, hendaknya minta informasi/label petunjuk pengurusan BTP yang lengkap. “Apabila ada kejadian terkait dugaan pangan tercemar atau keracunan pangan, agar melaporkan kepada Dinas Kesehatan atau Puskesmas setempat,” tandasnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id