Get Adobe Flash player
Home News Seputar Kesehatan Kesadaran pemeriksaan Kesehatan Perempuan Masih Rendah

Kesadaran pemeriksaan Kesehatan Perempuan Masih Rendah

Perempuan masih rendah dalam melakukan kesadaran akan kesehatan terutama dalam deteksi dini kangker servik. Program pemeriksaan (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat) (IVA) yang diagendakan DWP bekerjasama dengan Puskesmas Purworejo juga belum banyak diminati kaum perempuan yang tergabung dalam anggota DWP. Program cek IVA gratis tanpa dipungut biayapun belum bisa menarik simpati untuk mamacu kesadaran pemeriksaan kesehatan pada organ vital perempuan.

Hal itu tampak pada kegiatan pemeriksaan dan deteksi dini kanker servik yang berlangsung di Puskesmas Purworejo dibawah penanganan bidan Puskesmas. Hadir Ny Dra Erna Setyowati Said Romadhon, Ny Sri Yuni Tri Handoyo, Ny Dewi Karsiyadi, Ny Dwi Susanto, Ny Slamet dan sejumlah pengurus DWP.

Menurut Ny Erna Said, perlunya memberikan pemahaman secara kontinyu akan pentingnya deteksi dini. “Tentunya doanya semua perempuan anggota DWP semua sehat, gkada masalah kesehatan. Namun alangkah baiknya jika pemeriksaan melalui IVA dapat dilakukan. Seperti dikatakan ahli kanker, Insya Alloh dengan diketahui sedini mungkin dengan stadium yang masih awal, dimungkinkan sembuh karena lebih cepat penanganannya,” tuturnya.

Ny Erna Said merencanakan kegiatan pemeriksaan IVA gratis akan diagendakan pada tahun mendatang tujuannya untuk menyehatkan anggota DWP. “Menjadi Istri dari suami dan Ibu dari anak-anak supaya tetap menjaga kesehatan, untuk dapat terus mendampingi suami dan mendidik anak-anaknya hingga ke jenjang keberhasilan. Mudah-mudahan kedepan meningkat kesadaran akan pentingnya kesehatan anggota DWP, untuk melakukan cek kesehatan,” harapnya.

Pengurus DWP Ny Siti Nurul Fatimah Anggoro merinci jumlah anggota DWP yang mendaftar sekitar 19 orang. Dari jumlah itu belum semuanya melakukan pemeriksaan. Dengan alasan takut sakit, malu, dan takut ketahuan ada penyakitnya. “Sedangkan untuk persayaratannya sudah menikah, tidak sedang menstruasi, tidak sedang hamil, tidak berhubungan suami istri dua hari sebelum pemeriksaan pap smear, dan tidak sedang menggunakan obat di vagina. Disamping itu bagi yang akan periksa untuk membawa KTP dan Kartu BPJS,” katanya.

Pemutakhiran Terakhir (Jumat, 12 Mei 2017 06:26)

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 135 tamu online