Get Adobe Flash player
Home News Seputar Kesehatan Desa Ketawangrejo, Kampung KB Keenam

Desa Ketawangrejo, Kampung KB Keenam

Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag dicanangkan menjadi Kampung Keluarga Berencana (KB) ke enam di Kabupaten Purworejo. Sebelumnya, Desa Nambangan Kecamatan Grabag, Pelutan Kecamatan Gebang, Sidomulyo Kecamatan Purworejo, Jogoboyo Kecamatan Purwodadi dan Ketiwijayan Kecamatan Bayan telah dicanangkan menjadi Kampung KB.

 

Pencanangan Kampung KB Desa Ketawangrejo yang diberi nama Adi Loka tersebut dihadiri oleh Asisten III Sekda Purworejo Drs Muh Wuryanto MM, Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Tengah Ali Subandi SH, Perwakilan FKPD, Kepala Dinsukcapil KB Sukmo Widi Harwanto SH MM dan Muspika Kecamatan Grabag, Kamis (27/4).

Muh Wuryanto dalam sambutannya mengatakan, tujuan pembentukan kampung KB bukan saja untuk menyukseskan program Keluarga Berencana, namun juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Dalam kampung KB ini telah disusun perencanaan pembangunan yang meliputi kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

”Untuk dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan, di kampung KB akan dilakukan optimalisasi semua perangkat dan institusi masyarakat yang ada,” kata Wuryanto.

Menurutnya, hal terpenting dari pencanangan Kampung KB adalah gerakan dari program-program KB yang mampu bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lainnya.

”Dengan adanya Kampung KB, diharapkan manfaat program KB dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama di wilayah kategori miskin, padat penduduk, terpencil, pesisir dan kawasan wisata, dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkualitas,” imbuhnya.

Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Tengah Ali Subandi SH menjelaskan, Kampung KB bertujuan untuk Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam menjalankan program kependudukan keluarga berencana dan sektor lain. Terutama demi terwujudnya kualitas hidup manusia dan masyarakat kampung.

Program Kampung KB merupakan salah satu program prioritas Presiden yang ingin kembali menggelorakan program KB. Presiden telah mencanangkan Kampung KB pada 14 Januari tahun 2016 di Jawa Barat.

”Di Kabupaten Purworejo, Desa Ketawangrejo merupakan Kampung KB yang keenam. Target dari Presiden pada tahun 2017 setiap kecamatan ada Kampung KB,” katanya.

Tujuan utamannya adalah agar dengan program Kependudukan dan KB Pembangunan Keluarga (KKBPK) masyarakat bisa terlayani, terutama yang belum tersentuh. Kampung KB adalah miniatur negara yang terkecil ditingkat desa dan dapat diperkecil lagi tingkat desa atau dusun. Sehingga diharapkan akan lebih terfokus sasaran yang menjadi fokus kita.

”Setelah dicanangkan jangan didiamkan tetapi terus diintervensi sehingga nanti manfaatnya bisa terlihat. Manfaat kesehatan khususnya untuk kesejahteraan masyarakat Desa Ketawangrejo.

Menurutnya, demi kesuksesan program ini perlunya dukungan dari lintas sektor dan komitmen dari Bupati. Sehingga semua lintas bisa bergerak bersama-sama menuju kesuksesan Kampung KB melalui berbagai kegiatan.

”Tidak hanya dari sisi KB nya saja tetapi juga bisa dari sisi Pariwisata. Saya melihat dari sisi Pariwisata, pantai Ketawangrejo juga sangat menjanjikan. Insya Allah bersama di Kampung KB harapannya bisa menjadi tuntas,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinsukcapil KB Sukmo Widi Harwanto SH MM mengatakan, Kampung KB bertujuan mendekatkan pelayanan KB kepada masyarakat. Selain itu juga untuk mensosialisasikan bahwa pentingnya pegendalian penduduk bagi seluruh warga masyarakat.

”Harapannya menjadikan generasi yang berkualitas. Salah satu kriteria kampung KB adalah zona merah atau desa yang masuk kategori misikin, jadi bisa terangkat dari kemiskinan,” tuturnya.




 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id