Get Adobe Flash player
Home News Seputar Kesehatan Donor Darah Makin Diminati Kaum Perempuan

Donor Darah Makin Diminati Kaum Perempuan

Kegiatan donor darah yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kartini ke 138, mendapat apresiasi kaum perempuan dari berbagai organisasi wanita yang ada di Kabupaten Purworejo. Seperti diterangkan Ketua panitia Hari Kartini Kabupaten Purworejo Dra Erna Setyowati Said Romadhon, jumlahnya mengalami kenaikan dibanding tahun lalu, dengan jumlah peminat yang mendonorkan darahnya dua kali lipatnya yakni sekitar 53 orang. “Yang bisa donor dan memenuhi syarat sekitar 35 orang dan yang 75 persennya perempuan,” terang Erna Said pada kegiatan bhakti social donor darah di PMI.

Dikatakan, donor darah merupakan kegiatan kemanusiaan yang sangat membantu sesama terutama bagi pasien sakit yang membutuhkan. Karena sedikit darah sangat berarti untuk menyambung kesembuhan pasien. “Dengan pertolongan darah akan dapat menyelamatkan pasien. InsyaAllah keikhlasan dalam mendonorkan darah, menjadikan perbuatan amal yang sangat baik. Selain bermanfaat bagi orang lain juga bermanfaat bagi diri sendiri. Mudah-mudahan kedepan akan lebih meningkat lagi jumlah pendonor darah,” tutur Erna Said.

Sekretaris Panitia Hari Kartini Kenik Mujianingsih SH MM mengatakan, kegiatan donor darah ini menjadi agenda rutin dalam even setiap peringatan Hari Kartini. Tentunya ini sebagai upaya untuk mengajak dan memberi kesadaran kepada semua masyarakat termasuk kaum perempuan juga bisa berdonor darah rutin. “Semua organisasi wanita kami undang dalam berdonor darah, namun ada yang memenuhi syarat ada yang belum. Yang pasti niatannya untuk berdonor ada. Kalau belum memenuhi syarat mungkin pada even berikutnya bisa,” jelas Kenik yang sudah berulangkali mendonorkan darahnya.

Sementara itu salah satu pendonor darah baru yakni Wiwit (35) yang bekerja sebagai guru taman bermain anak mengaku terpanggil untuk ikut berperan serta dalam kegiatan bhakti social pada peringatan Hari kartini ini dengan mendonorkan darah. Apalagi kebutuhan darah di kabupaten Purworejo meningkat. “Untuk itu saya memberanikan diri, ikut berdonor darah untuk membantu orang lain yang difasilitasi panitia Hari Kartini. Meski sedikit deg-degan takut karena baru pertama, namun demi membantu sesama mudah-mudahan kedepannya bisa terus berdonor,” ujar Wiwit. 

Petugas PMI cabang Purworejo Riyadi S.Kep menguraikan ada 7 persyaratan donor darah meliputi, sehat jasmani rohani, usia 17 – 60, berat badan minimal 45 kg, kadar hemoglobin (HB) 12,5 % - 17 %, tekanan darah normal, bagi wanita yang tidak sedang haid hamil menyusui, dan tidak mengidap penyakit hepatitis, sipilis, malaria, HIV/AID. “Jika dalam uji laborat darah, ternyata terdapat darah yang mengandung penyakit tersebut, maka kami akan memberi konseling dan pengertian kepada pendonor bersangkutan,” katanya.

 

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

Iklan

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id