Get Adobe Flash player
Home News Seputar Kesehatan Puskesmas Agar Tampung Pasien Rawat Inap

Puskesmas Agar Tampung Pasien Rawat Inap

Wakil Bupati Yuli Hastuti SH mengingatkan Puskesmas dengan sistim baru masuk Badan Layanan Unit Daerah (BLUD), agar dapat meningkatkan pelayanan dan menggali keuangan untuk pengembangan Puskesmas. “Harapannya semua Puskesmas agar meningkatkan pelayanan, syukur bisa meningkat menjadi Puskesmas rawat inap,” harap Yuli Hastuti saat membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) teknis pengelolaan keuangan BLUD Puskesmas se Kabupaten Purworejo, di Gedung Diklat Kutoarjo hari ini Senin (17/4).

 

Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan, masih sering terjadi pasien dari Puskesmas yang langsung dirujuk di RSUD Purworejo, akibatnya pasien menumpuk di RSUD. Padahal sakitnya kategori masih bisa ditangani di Puskesmas. Untuk itu perlunya Puskesmas meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Apalagi program kesehatan merupakan prioritas dalam masa jabatan Bupati Wakil Bupati 5 tahun kedepan. Maka pelayanannya juga harus bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat dan bisa mengangkat derajat kesehatan masyarakat di kabupaten purworejo,” tutur Yuli Hastuti.

Terkait BLUD menurutnya, untuk melakukan konsultasi jika terdapat kendala dalam prakteknya. Terutama melakukan konsultasi ditingkat pemerintah pusat  yang difasilitasi Dinas Kesehatan. “Saya harap dalam melakukan konsultasi ke pemerintah pusat, agar Dinkes menyertakan satu atau dua Puskesmas, sehingga Puskesmas bisa mendengar sendiri, apa yang harus dgali dalam mengelola BLUD,” papar Yuli Hastuti.

Sementara itu Drg Nancy Megawati Hadi Susilo MM mengatakan, Diklat ini bertujuan suapay pserta memahami pola pengelolaan keuangan Puskesmas BLUD, memahami Tata Kelola Setelah BLUD dan rencana strategis bisnis puskesmas, juga agar memahami sistematika penyusunan RBA dan penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK. Untuk jumlah peserta sebanyak 30 orang teridri para pejabat Penatausahaan Keuangan Puskesmas dan Dinas  Kesehatan Kabupaten Purworejo. Dengan waktu pelatihan selama 5 (lima) hari kerja.

Usai membuka Diklat, Wakil Bupati meninjau gedung Diklat yang terdiri asrama, mushola, ruang makan, ruang praktek. Dalam peninjauan itu Wakil Bupati menyarankan, gedung Diklat sudah perlu rehab, sehingga agar mengajukan anggaran untuk rehab gedung. “Tentu saja harus melihat kekuatan anggaran yang ada. Selama belum direhab, agar ruangan yang tidak dipakai dibersihkan dan dirapikan, sehingga tetap terjaga kesehatannya,” saran Yuli Hastuti.

 

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 145 tamu online