Get Adobe Flash player
Home News Seputar Ekonomi DPPKP dan Kec Bagelen Juara I Lomba Tumpeng Kudapan

DPPKP dan Kec Bagelen Juara I Lomba Tumpeng Kudapan

Dalam rangka memperingati HUT ke 18 DWP Kabupaten Purworejo, diselenggarakan kegiatan pemberdayaan potensi pangan lokal melalui lomba membuat tumpeng kudapan berbahan baku lokal non terigu. Lomba tumpeng dimenangkan Unit pelaksana DWP DPPKP sebagai juara I, dan Unit pelaksana DWP  Kecamatan Bagelen juga sebagai juara I. Peserta dibagi dua yakni dari dinas instansi, dan dari 16 kecamatan. Masing-masing diambil 3 terbaik sebagai juara I,II, dan III.

Lomba tumpeng tersebut dibuka Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo Ny Dra Erna Setyowati Said Romadhon, di Aula Kantor PKK Kabupaten Purworejo, kemarin. Turut hadir Kepala DPPKP yang diwakili Kabid Ketahanan Pangan Ir Elly Nurul Setyawati MM, Tim Juri penilai, dan sejumlah pengurus DWP bidang ekonomi.

Dalam sambutannya Ny Erna Said Romadhon mengatakan, lomba membuat tumpeng berbahan baku lokal sebagai upaya untuk memasyarakatkan cinta pangan lokal. Juga memberdayakan kemampuan memanfaatkan dan mengolah potensi pangan yang ada dilingkungan. Kekayaan lingkungan kita dengan mudahnya berbagai bahan pangan tumbuh seperti singkong, ubi, sukun, dll. Ini menjadi tantangan untuk berkreasi mengolahnya menjadi pangan unggulan.

Apalagi lanjut Ny Erna Said, dengan dibangunnya Bandara Internasional di perbatasan Kabupaten Purworejo tentu akan banyak membawa peluang pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, kita sebagai organisasi wanita bagian dari masyarakat Purworejo, harus bisa berperan dalam peluang itu, melalui berbagai hasil ketermapilam. Salah satu diantaranya olahan pangan unggulan yang dapat dijadikan ciri khas daerah Purworejo. “Tentu dengan kemasan yang menarik dan rasa yang bercirikhas, sehingga tiada duanya,” harap Ny Erna Said.

Ketua panitia Ny Endang Menot melaporkan, lomba tumpeng diikuti semua DWP dinas instansi dan dari 16 DWP kecamatan. Tujuan lomba tumpeng untuk meningkatkan inovasi dalam mengolah pangan lokal, juga untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Sekaligus memperkenalkan dan menumbuhkan masyarakat untuk cinta  pangan lokal terutama produk dari daerah sendiri. Sedangkan ketentuan tumpeng beserta kudapannya merupakan hasil buatan sendiri dari bahan baku lokal dengan varian buah dan sayuran, senilai Rp.100 ribu.

Sementara itu pengurus DWP Ny Kismiati Basuki menjelaskan, penilaian didasarkan pada kreatifitas inovasi baru, keindahan penyajian, cita rasa, dan higienis. Dari hasil Tim Juri yang meraih juara I, II, dan III dari peserta DWP dinas instansi yakni DPPKP, Dinperinaker, dan Dinas PUPR. Sedangkan dari kecamatan yang memperoleh juara I, II, dan III yakni Kecamatan Bagelen, Pituruh dan Butuh.  Masing-masing pemenang mendapatkan uang pembinaaan dan piala yang akan diserahkan pada resepsi HUT DWP.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 159 tamu online