Get Adobe Flash player
Home News Seputar Ekonomi Anggota DPRD Tanggapi Beragam Pemindahan PKL

Anggota DPRD Tanggapi Beragam Pemindahan PKL

Sejumlah anggota DPRD menerima unjukrasa para Pedagang Kaki Lima (PKL) Pendowo yang berjualan diseputar alun-alun Purworejo. Unjukrasa yang dilakukan long march dari alun-alun menuju gedung DPRD itu mengajukan tuntutan yang disampaikan Tri dan Hery Priyantono yakni PKL meminta tidak dipindah dan tetap bisa berjualan di pinggir alun-alun timur dan barat.

Setelah berorasi di halaman gedung, para pengunjuk rasa diterima di ruang paripurna DPRD antara lain anggota DPRD yang hadir Nur Hidayat PM, Rohman, Sugeng Santoso SH, Tri Edy Purwanto SSos, Much Dahlan SE, Hendricus Carel SYc SE, Dion Agasi Setyabudi SIkom, imam Teguh Santoso SE Akt, Ir Nagdiyanto MM.

Hadir pula eksekutif  antara lain Asisten bidang Ekonomi dan Pembangunan Gandi Budi Supriyanto SSos, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DINKUKMP) Dra Suhartini MM, Kabid Koperasi UMKM Dra Titik Mintarsih MPd, Kabid perdagangan Sri Suhartini SSos.

Menanggapi tuntutan para PKL, sejumlah anggota DPRD yang dipimpin Hendrikus Carel memberikan pendapat beragam. Seperti pendapat Imam Teguh Santoso SE Akt dari Fraksi Golkar yang mengutrakan para PKL untuk tidak usah kawatir tidak laku dalam berjualan, jika pindah tempat. Karena pindahnya juga masih dalam koridor alun-alun Purworejo yakni disebelah lapangan tenis Kodim. Tidak jauh dari alun-alun yang masih mudah dicari para pembeli.

“Juga perlunya PKL Purworejo diajak study banding di kabupaten atau kota lain tentang penataan PKL. Maka saya menyarankan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DINKUKMP) Kabupaten Purworejo yang menangani PKL, untuk melakukan study banding dan mengajak serta PKL. Sehingga ada gambaran dan sebagai masukan dalam melakukan penempatan PKL di Kabupaten Purworejo,” tandasnya.

Sedangkan Ir Ngadiyanto MM dari fraksi menjelaskan, dalam melakukan sebuah pembangunan harus melalui proses dari mulai perencanaan, anggaran, hingga regulasinya. “Kalau kemudian PKL minta dibangunkan selter di pinggir alun-alun timur dan barat, tentu juga harus melalui proses itu. Artinya harus ada perencanaan terlebih dulu, tidak ujug-ujug dibangun. Karena bisa menimbulkan masalah,” katanya.

Ngadiyanto menambahkan, selain itu pentingnya menjunjung hak dan kewajiban. Termasuk PKL berkewajiban melengkapi administrasi lengkap dalam hal perizinan berjualan dan lainnya. Supaya bisa tertib dalam menjalankan usaha PKL. “Tentu aspirasi para PKL ini, akan kami suarakan kepada pimpinan. Masalah hasilnya kami akan berusaha dengan ihtiar,” ujar Ngadiyanto.

Sementara itu, Dion Agashi Setyabudi SIkom dari fraksi PDI yang menyatakan pemindahan PKL untuk dikaji ulang. “Saya atas nama pribadi akan berusaha maksimal, untuk menyampaikan aspirasi ini kepada pimpinan DPRD. Saya tidak menjanjikan tapi saya berusaha. Tentunya aspirasi yang masuk jangan hanya sekedar dicatat namun agar benar-benar dibahas untuk mencarikan solusinya. Karena apa yang disuarakan masyarakat harus didengarkan dan dipikirkan solusinya,” tandasnya.

Pendapat yang sama juga dikatakan Much Dahlan SE dari Farksi PKB, yang akan bermusyawarah dengan pimpinan dewan bagaimana mendapatkan solusi terbaik. Juga akan membahas dan di komunikasikan lagi dengan eksekutif. “Kami tidak menjanjikan tapi kami akan berusaha dengan ihtiar. Tentunya harapannya agar ekonomi di Purworejo tetap meningkat,” ujar Dahlan.

Hendricus Carel SYc SE mengucapkan terimakasih kepada PKL yang telah menyampaikan aspirasinya berlangsung dengan tertib. Pada prinsipnya aspirasi akan ditampung, dicatat, dan disampaikan kepada pimpinan supaya ada solusinya. “Yang terpenting harus ada komunikasi yang baik dan disampaikan dengan kepala dingin, sehingga aspirasi bisa didengar dan dapat dimusyawarahkan,” jelasnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 102 tamu online