Get Adobe Flash player
Home News Seputar Ekonomi Hari Koperasi Pamerkan 30 Stan Produk Unggulan

Hari Koperasi Pamerkan 30 Stan Produk Unggulan

Sebanyak 30 stan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUKM) memamerkan hasil produk unggulan dengan berbagai kerajinan. Seperti kerajinan batik khas Purworejo hingga batik terbaru berupa batik mangrove, tas, sepatu, aneka bibit tanaman, aneka makanan dan minuman dengan berbagai variasi, dan masih banyak kerajinan lainnya. Pameran yang juga dimeriahkan dengan pentas seni dan budaya tersebut, telah dibuka Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH hari ini Rabu (12/7).   Dalam sambutannya Yuli Hastuti mengatakan, pameran produk unggulan KUMKM diselenggarakan sebagai salah satu upaya menggugah kembali potensi KUMKM di Kabupaten Purworejo, dalam berperan sebagai salah satu pelaku ekonomi yang perlu terus didorong secara masif dan terstruktur, sehingga mampu menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh dan mandiri berbasis pada ekonomi kerakyatan.

 

Dikatakn Yuli Hastuti, potensi sumber daya alam maupun sumber daya KUMKM di Kabupaten Purworejo cukup besar dan berpeluang untuk dikembangkan agar memiliki nilai jual dan nilai tambah. Sehingga melalui pameran produk KUMKM yang senantiasa kita laksanakan baik yang berskala lokal maupun nasional, diharapkan para pengusaha, potensial buyers dan masyarakat akan dapat memperoleh informasi yang lengkap mengenai kualitas dan kuantitas produk, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan minat dan permintaan masyarakat baik lokal, regional, nasional maupun ekspor.

Menurutnya, bagi Indonesia sebagai negara berkembang, koperasi masih mempunyai peran penting dalam perekonomian di masyarakat, bahkan mampu memberi andil peningkatan pembangunan nasional. Koperasi adalah salah satu unit ekonomi yang pergerakannya dikerjakan secara bersama-sama dan keuntungannya dinikmati bersama-sama.

Sebagai salah satu soko guru perekonomian nasional, Yuli Hastuti menilai koperasi masih tertinggal dibandingkan swasta dan BUMN, padahal koperasi memiliki peran dan potensi ekonomi yang cukup besar. Demikian halnya dengan sektor UMKM, sebagai unit usaha yang jumlahnya paling besar dan perannya sering dikaitkan dengan upaya pemerintah untuk mengurangi pengangguran dan memerangi kemiskinan, dirasakan belum mampu memenuhi harapan.

“Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai upaya untuk mengembangkan sektor koperasi dan UKM, melalui pemberdayaan potensi dan peluang bisnis sekaligus mencari solusi atas permasalahan dan tantangan yang dihadapi, seperti permodalan, Sumber Daya Manusia, Teknologi, pemasaran dan lain sebagainya. Saya mengajak penggiat koperasi dan UMKM di untuk bangkit dan lebih meningkatkan kualitas pengelolaan koperasi dan UMKM secara lebih profesional, sehingga bisa lebih mandiri dan siap bersaing dalam era pasar bebas,” harap Yuli Hastuti.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DINKUKMP) Kabupaten Purworejo Dra.Suhartini MM menjelaskan, kegiatan pameran produk unggulan KUMKM ini dalam rangka peringatan Hari Koperasi ke 70 Kabupaten Purworejo. Pameran akan dilaksanakan selama 3 hari mulai hari ini Rabu (12/7) sampai 14 Juli mendatang. “Melalui pameran ini harapannya produk unggulan KUMKM dapat dikenal masyarakat yang akhirnya masyarakat akan mencintai produk sendiri dari hasil kerajinan wilayah Kabupaten Purworejo. Apalagi produknya tidak kalah kuwalitasnya dibanding produk luar daerah. Maka masyarakat datanglah dan lihat, beli, dan dinikmati. Sehingga akan tahu kuwalitasnya sangat baik,” ujar Suhartini.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 94 tamu online